TEPAT MEMILIH DAN MEMASANG VINYL

Banyak yang belum tahu bagaimana rupa vinyl yang berkualitas. Memasangnya pun ternyata tak boleh asal agar tak melendut di kemudian hari.

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Lantai vinyl merupakan salah satu material alternatif pengganti lantai keramik. Permukaannya terasa lembut di kaki sehingga menciptakan kesan yang nyaman saat dipijak. Pilihan desainnya pun sangat banyak di pasaran, mulai dari yang bergaya natural hingga modern. Karena terbuat dari PVC ( polyvinyl chloride), lantai ini termasuk awet dan tahan lama.

Bila tertarik mengaplikasikan vinyl sebagai material lantai, Anda harus tahu dahulu bagaimana cara memilih vinyl yang berkualitas. Sebab, dalam beberapa kasus, vinyl yang sudah dipasang dalam sekejap dapat mengelupas dan terlipat di bagian pinggirnya sehingga lantai terlihat tidak rata dan kurang menarik. Vinyl juga bisa lecet bahkan robek jika terkena sepatu dengan tumit runcing. Untuk mengetes kualitas vinyl, berikut cara yang dapat Anda lakukan. 1 Tekuk atau lipat vinyl hingga kedua ujungnya saling bertemu satu sama lain. Periksa baik-baik, vinyl yang berkualitas dapat kembali ke bentuk semulanya tanpa ada bagian yang pecah atau terkelupas 2 Lakukan percobaan dengan membakarnya secara langsung menggunakan korek api gas selama kurang lebih 10 menit. Vinyl yang baik permukaannya tidak akan panas atau bahkan gosong setelah dibakar. Anda juga dapat mengeceknya dengan menempelkan ujung rokok yang masih menyala pada permukaan vinyl. Pastikan vinyl tetap mulus dan bekas abu dapat dibersihkan dengan sempurna. 3 Cek kualitas vinyl yang akan Anda beli dengan cara menggoresnya menggunakan benda tajam. Lakukan hal ini beberapa kali, kemudian periksa vinyl tersebut. Vinyl yang baik tidak akan berbekas terhadap goresan benda tajam.

KEDIAMAN REZA LUTHFANSYAH-ANNA ZORAYA, CIREUNDEU, CIPUTAT, TANGERANG SELATAN

LOKASI

Vinyl yang berkualitas biasanya tahan terhadap goresan dan tidak mudah melendut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.