Perhatikan ini!

Rumah - - PERANTI -

Kebakaran juga bisa dicegah melalui desain bangunan yang benar. Dekadina Pardede, pemilik konsultan Karya Desain (KD) Arsitek mengungkapkan ada beberapahal yang perlu Anda perhatikan agar rumah terhindar dari kebakaran.

Pintu 2 akses

Rumah sebaiknya memiliki minimal 2 pintu di posisi yang berlawanan. Misalnya, bila kedua pintu berada di area depan, sebaiknya yang satu di sisi kanan, yang satu lagi di sisi kiri. Lebih baik lagi, satu di depan dan satunya lagi di belakang. “Jika kebakaran terjadi di area depan, maka pemilik rumah dapat menyelamatkan diri melalui pintu belakang belakang, begitu sebaliknya,” terang Terang Dekadina.

Gunakan teralis Dengan Bijak

Teralis memang mampu melindungi Anda dari maling. Tetapi rumah yang semua aksesnya ditralis ( jendela dan pintu) justru membahayakan penghuni rumah saat terjadi kebakaran. Jika memang harus menggunakan teralis, cukup gunakan di jendela lantai 1, tak perlu sampai lantai 2. Hindari juga menggunakan teralis besi di pintu. “Jika tidak ingin menggunakan teralis, Anda dapat mendesain jendela yang berukuran lebih kecil, maksimal lebar 40cm, seukuran badan,” terang Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.