DINDING RUMAH TAK MENEMPEL TETANGGA

Rumah - - KONSULTAS -

JAssalamualaikum Wr. wb. Salam kenal dan terima kasih atas kiriman pertanyaannya.

Saya sangat setuju dengan permintaan Anda untuk memberikan ruang terbuka dan tidak membuat dinding menempel dengan tetangga kiri dan kanan. Pada kenyataannya memang sulit mengatasi problem yang ditimbulkan pada dinding yang menempel satu sama lain dengan tetangga. Kebanyakan, masalah yg terjadi baru timbul di kemudian hari. Memang konsekuensinya adalah kita akan kehilangan space atau ruangan. Namun keuntungan jangka panjangnya, tidak ada masalah dengan tetangga dan kebocoran akan terhindar. Apalagi, ditambah dengan adanya sirkulasi udara yang sangat baik dari bukaan ruang tersebut. Kehilangan luas rumah juga bertambah lagi dengan adanya garasi selain carport. Garasi juga memerlukan ruangan yang cukup luas karena perlu ada sirkulasi kendaraan dan orang di dalamnya.

Dengan berkurangnya luasan ruang tadi, maka kebutuhan ruang di satu lantai saja dengan sendirinya juga tidak bisa terpenuhi. Ruang keluarga dan ruang makan akan menjadi satu kesatuan dengan dapur, yang merupakan dapur kering. Aktivitas di dapur juga diharapkan tidak akan mengganggu ruang tidur karena terpisahkan oleh ruangan lain.

Di lantai 2 selain ada ruangan yang Anda butuhkan, masih terdapat ruang untuk Anda kembangkan di kemudian hari sebagai ruang tidur tambahan atau ruang asisten rumah tangga bila diperlukan.

Semoga jawaban yang kami berikan dapat berkenan untuk Anda. Wassalamualaikum Wr. wb.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.