SERBA PUTIH YANG MENYEGARKAN

Banyak bukaan ditambah berbagai pernik penghias membuat rumah ini berwarna putih jauh dari kesan kaku. Justru suasana segar dan nyaman yang kental terasa.

Rumah - - SERBA - SERBI -

Warna putih memang tengah menjadi tren di dunia interior. Warna putih polos mudah untuk dipadankan dengan warna apapun sehingga banyak peminatnya. Namun tak jarang, penggunaan warna putih yang terlalu banyak, justru membuat rumah jadi membosankan dan terkesan kaku. Tapi tidak untuk rumah di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan ini. Pasangan Barakalla (32) dan Andi Kurniati Manggabarani (27), sang pemilik rumah, memilih warna putih sebagai warna utama namun berhasil membuat rumahnya tidak membosankan.

Nuny, begitu sang istri biasa dipanggil, memilih sentuhan skandinavian sebagai tema interior rumahnya. Maka tak ayal warna putih jadi warna dominasi di rumah ini. Nuny pun kemudian menambahkan paduan warna lainnya pada ruangan dan pernik dekorasi hingga tanaman dalam ruang sebagai penghias. Tak ketinggalan, Nuny juga melakukan renovasi di beberapa bagian rumahnya.

Renovasi Membagi Rumah

Rumah yang dihuni Nuny ini awalnya menyatu dengan rumah orang tuanya. Kemudian ia dan suami memutuskan untuk sedikit merenovasi rumah tersebut dengan membuat dinding untuk

membagi area rumahnya dengan rumah orang tuanya. Namun bukan desain pemisah masif yang dipilih Nuny dan suami. Setelah renovasi, rumah tersebut tidak sepenuhnya terpisah karena Nuny tetap membuat akses tanpa pintu menuju rumah orang tuanya. Akses tak berpintu ini yang membuat dua rumah tersebut masih terasa menyatu sehingga rumah terasa lebih luas. Kemudian di area dinding pemisah tadi, disulap menjadi area dapur bersih.

“Saya juga menambah banyak jendela di rumah, juga bukaan ke arah taman belakang,” kata Nuny. Benar saja, di rumah Nuny banyak terdapat jendela diantaranya di area lantai dua, kamar tidur, hingga pintu kaca sebagai akses dari ruang makan menuju halaman belakang. “Senang banyak jendelanya karena ingin rumah yang terasa luas dan adem,” ungkap Nuny.

Hobi Sekaligus bisnis

Belum puas dengan desain rumah banyak bukaan, Nuny kemudian menghias rumahnya dengan berbagai pernik dekorasi. Mulai dari pernik hiasan yang dibelinya ketika berwisata ke luar negeri hingga pernik dekorasi hasil karyanya sendiri. Maklum saja, Nuny memiliki bisnis online yang menjual pernik dekorasi interior. Di toko online yang beralamat di www.kanvakanva.com tersebut, Nuny menawarkan berbagai produk diantaranya cushion, pigura kaca, rug, dan masih banyak lagi.

“Tahun 2015 membuat keputusan untuk bisnis dan pilih home decor karena sekalian menyalurkan hobi juga,” kata Nuny. Saat ini proses produksi semuanya dilakukan di rumah Nuny, tepatnya di lantai 2. Kemudian beberapa produk tersebut ia gunakan sendiri di ruangan-ruangan yang ada di lantai 1. “Yah jadi semacam showroom buat teman-teman yang datang sembari lihat-lihat barang dagangan,” kata Nuny sembari tertawa.

Dengan bukaan yang luas, pemilik rumah bisa bebas menikmati pemandangan ke halaman belakang baik lewat area makan maupun ruang keluarga.

Pada kamar utama konsep modern minimalis begitu terasa karena pemilihan furnitur yang berbentuk simpel ditambah warna monokrom pada perlengkapan tempat tidur.

Furnitur ruang keluarga didominasi gaya skandinavia. Padanan warna abu-abu sengaja dipilih karena pemilik rumah menginginkan tampilan yang simpel.

Di ruang tamu terdapat void yang tinggi. Hal ini membuat sirkulasi udara di rumah makin lancar dan rumah terasa nyaman.

Selain banyak bukaan, rumah ini juga minim sekat. Sekat dinding antarruang hanya terdapat untuk pemisah kamar dan pemisah antara ruang keluarga dengan ruang tamu.

Di kamar utama juga terdapat area walk in closet dan meja rias.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.