rumah aman dengan kamera Pengawas 360o

Mudik jadi lebih tenang karena rumah bisa terawasi dengan mudah lewat ponsel pintar. Harganya pun terjangkau!

Rumah - - PERANTI - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Idul Fitri sebentar lagi tiba. Buat sebagian besar masyarakat Indonesia, momen Idul Fitri jadi saat yang tepat untuk kembali ke kampung halaman atau yang biasa disebut mudik. Saat mudik berarti pemilik rumah harus meninggalkan rumah dalam waktu panjang tanpa penghuni. Jangan sampai rumah kosong ini kemudian jadi sasaran kejahatan pencurian.

Langkah pencegahan seperti mengunci pintu dan jendela dengan rapat memang sudah cukup ampuh untuk mencegah tamu tak diundang masuk ke rumah. Tapi ada baiknya bila Anda melengkapi rumah dengan kamera pengawas untuk memantau kondisi di rumah Anda.

Ada beragam pilihan kamera pengawas yang bisa dipilih untuk rumah Anda. salah satu teknologi terbaru adalah kamera pengawas yang mampu berputar 3600 sehingga seluruh bagian ruangan bisa terpantau dengan baik. Kini, kamera pengawas juga bisa diintegrasikan dengan ponsel pintar Anda, sehingga pengawasan bisa dilakukan secara real time dan di mana saja. Salah satu produsen yang mengeluarkan perangkat kamera pengawas tersebut adalah TP Link lewat produk bernama TP Link NC450.

Sensor Gerak dan Suara

Untuk mengoperasikan kamera pengawas TP Link NC450, Anda harus mengunduh aplikasi pengendali bernama Tpcamera di Playstore maupun Apple Store. Lewat aplikasi inilah pengguna bisa memantau secara langsung keadaan di rumah dan menerima notifikasi bahaya yang dikirimkan kamera pengawas. Sebab, kamera pengawas ini dilengkapi dengan fitur motion detection dan sound detection alias sensor gerak dan suara.

Fitur inilah yang akan memudahkan penggunanya dalam urusan penyimpanan data. Kamera pengawas hanya akan menyimpan rekaman baik gambar maupun video ketika diperintahkan oleh penggunanya lewat aplikasi di ponsel pintar.

“Ketika kamera menangkap ada pergerakan, pemilik akan mendapat notifikasi lewat email dan kamera secara otomatis akan merekam semua kejadian,” ungkap Irene Tedjawinata, Marketing Communication TP Link Indonesia. Irene menambahkan, TP Link NC450 juga dilengkapi slot memory card sehingga data yang terekam bisa lebih mudah dipindahkan ke perangkat lainnya. “Slot memory card tersebut cocok untuk memory card hingga yang berkapasitas 32 gigabita,” kata Irene.

Selain itu, kamera pengawas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat komunikasi dua arah berkat fitur bernama Two Way Audio Microphone. Anda cukup mengaktifkan aplikasi Tpcamera kemudian pilih fitur tersebut untuk menghubungi keluarga di rumah.

“Aplikasi akan menampilkan situasi langsung di rumah dan pemilik rumah bisa berkomunikasi langsung karena kamera akan mengeluarkan suara penelepon,” ucap Oktavia Mega Wati, Marketing Communication TP Link Indonesia. Jadi setelah mudik pun kamera pengawas ini bisa berguna untuk mengawasi kegiatan di rumah. Terlebih bila Anda memiliki putra atau putri yang ditinggal di rumah bersama asisten rumah tangga. Tertarik untuk memilikinya?

kamera pengawas TP Link nc450 bisa diletakkan di meja maupun digantung di plafon. Semua perlengkapan untuk pemasangan telah tersedia lengkap, tanpa perlu membeli peralatan tambahan.

Foto dan video yang terekam bisa dilihat langsung lewat aplikasi. Tampilannya mirip galeri pada ponsel sehingga memudahkan untuk melacak bila terjadi pencurian.

Tampilan aplikasi Tpcamera ketika proses penyetingan awal perangkat kamera pengawas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.