MEMBANGUN LOTENG DI RUMAH

Rumah - - KONSULTASI -

TYth. Bapak Wijoyo, Salam Sejahtera.

Perkenalkan saya Amelia, tinggal di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. Saya ingin membangun rumah 1 lantai di lahan yang baru saya miliki. Lahan ini menghadap ke barat dan di kiri-kanannya terdapat rumah tetangga. Ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut. 1. Dua ruang tidur. 2. Ruang makan yang menghadap taman. 3. Ruang tamu yang merangkap sebagai ruang keluarga. 4. Dapur. 5. Kamar mandi. 6. Sebuah loteng yang nantinya akan digunakan sebagai ruangan. Saya memiliki banyak kayu solid dengan kualitas baik, karena itu saya ingin membuat loteng tersebut dari kayu yang saya miliki. Mohon masukan dari Bapak mengenai rencana pembangunan rumah saya, berikut tentang cara memasang lantai kayu, ketebalan, dan rangka yang sebaiknya digunakan.

Terimakasih banyak atas bantuan Bapak. Hormat saya, Amelia Sangihe, Sulawesi Utara

JIbu Amelia yth, Terimakasih untuk kiriman pertanyaannya. Salam kenal kembali untuk Anda dan keluarga.

Dari permintaan Anda, program ruangnya cukup simpel dan tidak rumit. Jadi bisa saya simpulkan ke dalam desain sebagai berikut

Pada denah ruangan saya bagi menjadi 3 bagian: area publik, privat, dan servis. Area publik adalah tempat berkumpul keluarga, tamu, dan kegiatan bersama keluarga. Oleh sebab itu, saya letakkan di tengah ruangan di mana akan menjadi pusat kegiatan keluarga Anda, selain sebagai pintu masuk utama rumah. Sebelah kanan adalah area privat atau pribadi dimana merupakan area tempat tidur keluarga, berikut fasilitas penunjangnya berupa kamar mandi. Sedangkan sebelah kiri saya jadikan sebagai area servis atau area kerja.

Ruang keluarga sekaligus ruang tamu menjadi satu terbuka dengan ruang makan, sehingga rumah Anda yang tidak terlalu luas dapat terlihat lebih lapang. Selain itu, dengan bukaan ke arah taman belakang, membuat area luar dan dalam akan tampak menyatu ketika pintu lipat dibuka.

Anda dapat menukar posisi ruang tidur utama ke belakang apabila lebih menyukai privasi ruang tidur utama berada di dalam. Namun, apabila ruang tidur keduanya diperuntukkan bagi anak yang masih belum dewasa, lebih baik berada di belakang seperti dalam denah. Dapur sengaja saya letakkan di depan untuk kemudahan bekerja dan sekaligus dapat menjadi pintu masuk samping atau pintu servis rumah Anda.

Untuk lantai tambahan atau loteng yang Anda minta, saya buatkan berupa ruang terbuka yang bisa menjadi ruang multifungsi. Anda dapat membangunnya dengan menggunakan material kayu yang Anda miliki, sebagai lantai ataupun dinding. Oleh sebab itu, dalam tampak yang saya berikan, saya mengambil ide eklektik memadukan bangunan Minahasa yang menggunakan konstruksi kayu dengan bangunan modern.

Semoga jawaban dari kami dapat menjadi ide bagi Anda. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.