4 hal agar Kamar mandi Lebih Sehat

Rumah - - RUMAH SEHAT -

ukuran

Sesuaikan ukuran kamar mandi dengan ukuran lahan yang tersedia. Jika lahan Anda luas, isilah kamar mandi dengan perangkat sanitari yang lengkap, seperti wastafel, kabinet, dan shower box. Sebaliknya, jika luasan kamar mandi terbatas, pilihlah perangkat sanitari yang benar-benar Anda butuhkan. Minimalnya, ukuran kamar mandi adalah 1,5 m x 1,5 m, bisa menampung aktivitas mandi dan buang air.

Material

Pilihlah material yang mendukung keamanan dan kenyamanan saat mandi. Contohnya, untuk pelapis lantai, pilihlah bahan yang tidak licin, bertekstur kasar tetapi mudah dibersihkan ketika ada kotoran menempel. Apalagi jika ada lansia di rumah.

lantai dan Sirkulasi udara

Kemiringan lantai dari tempat tinggi menuju lubang drainase adalah 2 cm. Jangan lupakan jendela (minimal 60 cm x 90 cm) dan lubang udara (minimal 30 cm x 40 cm). Sirkulasi udara yang ideal adalah 30% dari luas kamar mandi. Bila tidak memungkinkan untuk membuat ventilasi, dapat disiasati dengan memasang exhaust fan.

Warna

Catlah dinding kamar mandi dengan warna yang cerah dan terang. Warna yang gelap secara psikologis dapat membuat kamar mandi terasa sempit, pengap dan mengundang nyamuk. Anda bisa memilih warna putih, abu-abu muda, atau pastel untuk membuatnya terlihat luas dan terang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.