RUMAH RASA PERKEBUNAN

Berkat banyaknya tumbuhan yang ada di dalamnya, hunian ini terasa asri, seperti berada di sebuah kebun.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Panas terik di luar rumah seketika langsung lenyap saat masuk ke dalam hunian di bilangan Bekasi Timur ini. Udara panas tersebut tampaknya berhasil diserap oleh tanaman yang ada di dalamnya. Usut punya usut, sang pemilik rumah, Winda Patricia (31), ternyata merupakan seorang pecinta tanaman. Kegemarannya tersebut kemudian ia implementasikan ke dalam huniannya. Tak heran bila di semua sudut huniannya dihiasi beragam tanaman.

Ada banyak jenis tanaman yang menghiasi hunian mungil ini, mulai dari lidah mertua, sirih gading, sukulen, spider plant, dan lain-lain. Bagi penghuni, banyaknya tanaman ini membuat suasana hunian menjadi terasa lebih segar, nyaman, dan asri. Oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk karena adanya pergantian (sirkulasi) udara.

Agar ruangan tak terlihat ramai dan tetap terjaga kerapiannya, Winda mengatur semua peletakan tanaman secara cermat. Ia hanya meletakkan beberapa tanaman di sudut ruangan. Ukurannya juga sengaja dipilih yang tak terlalu besar agar proporsi ruangan tetap terasa pas.

Dominasi Putih

Berbicara mengenai desain dari rumahnya, istri dari Medya Lubis ini memercayakannya kepada HLZR, sebuah konsultan arsitek dan desainer interior dalam mendesain rumah impiannya. Kepada sang arsitek, Indra Holizar, penghuni meminta agar rumahnya didesain nyaman dengan tema american style. “Enggak banyak sih permintaannya, yang penting nyaman. Tapi untuk kamar utama, saya minta desainnya hangat, jadi pakai parket,” ujar ibu dari dua orang anak ini.

Bila diperhatikan, hunian ini didominasi oleh warna putih, mulai dari kamar utama, ruang keluarga, sampai bagian dapur. Warna putih dipilih karena luas dari rumah ini terbilang terbatas. “Jadi, kalau pakai putih kesannya luas dan bersih saat dilihat,” tambahnya.

Berbicara mengenai dekorasi setiap ruang, kesemuanya didekor sendiri oleh Winda. Beberapa hiasan tersebut dibeli Winda melalui situs online yang saat ini menjamur di sosial media instagram. Mulai dari artwork, vas bunga, sampai hiasan dinding berbentuk piring.

Karena setiap ruang sudah didekorasi dengan beberapa tanaman, Winda pun hanya menambahkan beberapa dekorasi yang simpel dan tak membuat mata lelah. Komposisi ruangan pun terasa pas dan enak dipandang mata.

LUAS BANGUNAN 111M² LUAS TANAH 111M²

tidak ada sekat antara ruang keluarga dan ruang makan. Cara ini dapat membuat ruang tak terkesan sempit.

Ruang keluarga ini menjadi area berkumpul keluarga.

inilah potret kebersamaan penghuni saat di rumah.

Kamar tidur utama terasa hangat berkat penggunaan parket sebagai material lantai.

Bagian teras rumah didesain simpel hanya dengan menambahkan dua kursi dan satu meja.

untuk mengisi kekosongan, area ini dimanfaatkan sebagai area baca penghuni.

Pada kamar tidur utama, terdapat area walking closet tempat penghuni menyimpan koleksi pakaian. Di area ini, penghuni meletakkan sofa yang memanfaatkan ceruk di dindingnya.

meja kerja juga tak luput dari tanaman yang diletakkan pada ambalan.

Saat memasukirumah, anda akan langsung disambut dengan foyer yang dimanfaatkan sebagai tempat piano ini. disambut dengan piano ini.

Kamar mandi anak ini terasa ceria berkat penggunaan keramik motif tegel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.