HITAM MENAWAN DI LAHAN TERBATAS

Berukuran mungil bukan berarti tidak bisa menggunakan warna gelap. Asal diaplikasikan dengan tepat, rumah tetap bisa terasa nyaman.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Bila dilihat dari depan, rumah ini tampak biasa saja. Tapi begitu tim RUMAH masuk, pandangan kami langsung dimanjakan dekorasi yang unik serta pemandangan taman samping yang menawan. Sang pemilik rumah, Raden Anugrah Pria Pratama (28) dan Novi Restianti Fauzia (29) rupanya sengaja memasang jendela dengan kaca yang besar sebagai pemisah antara rumah dan halaman samping. Dengan begitu, pemandangan menuju taman samping bisa dinikmati dari dalam dan rumah pun tak memerlukan banyak lampu ketika siang hari.

“Konsepnya compact black house dengan sedikit sentuhan alam,” kata Novi. Ia dan sang suami mendandani rumah mungil mereka dengan warna hitam sebagai warna dominan, putih sebagai warna kombinasi, dan merah sebagai aksen. Ibu satu orang anak ini mengaku

mendapat banyak inspirasi desain dari buku-buku desain oleh Marie Kondo yang kemudian ia padankan sendiri dengan selera dan kebutuhan seluruh penghuni rumah.

Novi benar-benar memilih furnitur dan pernik dekorasi yang bukan hanya cantik tapi juga bermanfaat untuk penghuni rumah. “Bagi saya barang di rumah harus yang ‘sparkling

joy’ atau yang bermanfaat dan membawa kebahagiaan di rumah,” ungkap Novi. Selektif dalam memilih barang juga menjadi trik Novi agar rumah mungilnya tetap terasa lapang dan nyaman.

Akomodasi Hobi

Posisi rumah yang berada di hook membuat rumah ini memiliki lahan samping yang cukup luas. Lahan yang luas inilah yang rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi Novi dan suami saat merencanakan pembangunan rumah. “Waktu itu desain dibuat semaksimal mungkin supaya tidak ada dead space atau ruangan yang sia-sia,” ungkap Novi.

Pembagian ruang juga benarbenar diperhatikan supaya bisa mengakomodasi hobi setiap penghuni. Alhasil, lahan sisa di samping disulap menjadi taman untuk tempat anak Novi yang bernama Rajata (2) bermain. “Kalaupun nanti mau tambah bangunan, akan dibuat bertingkat jadi tidak memakan lahan,” kata Novi.

Saat ditanya mengenai ruang favorit, Novi menjawab ruang makan. Di ruang tersebut mereka sekeluarga bisa berlama-lama buat sekadar mengobrol, minum kopi, hingga bekerja. Bagaimana tidak, ruang makan tersebut dibuat dengan konsep terbuka tanpa sekat dan bisa memandang langsung ke arah taman lewat jendela besar “Dari ruang makan bisa menikmati udara luar dan ruangannya sengaja didekor lebih banyak jadi betah lama-lama di situ,” kata Novi menutup.

LUAS LAHAN 150M2 LUAS BANGUNAN 60M2 Warna hitam dipilih sebagai warna dominan untuk memudahkan pemilihan warna furnitur.

Kehadiran kursi makan warna-warni dan tegel bermotif pada ruang makan membuat ruangan tampil lebih menarik dan jauh dari kesan suram.

Ruang tamu sekaligus ruang keluarga terasa makin nyaman dengan pemandangan menuju taman samping yang hijau.

Ruang tamu dan ruang keluarga sengaja disatukan fungsinya agar lebih hemat ruang.

keramik yang disusun ala subway tile menjadi dekorasi yang menarik pada kamar mandi warna putih ini. LOKASI KEDIAMAN KELUARGA RADEN ANUGRAH PRIA PRATAMANOVI RESTIANTI FAUZIA, SERPONG, TANGERANG SELATAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.