Mempercantik Fasad

10 perubahan kecil, berdampak besar

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com

Bosan dengan tampilan fasad yang ada saat ini namun dana terbatas? Lakukan perubahan sederhana dengan menambahkan material tertentu. Apa saja materialnya dan bagaimana aplikasinya agar fasad tampak indah?

Fasad adalah bagian depan rumah yang pertama kali dilihat. Tak heran, jika fasad harus terlihat cantik dan menarik. Bagaimana jika fasad rumah Anda tampilannya masih standar? Atau, fasad rumah Anda sudah terlihat membosankan karena tak ada perubahan dalam jangka waktu tertentu? Budi Kristanto, arsitek Karya Budi ‘Architect & Interior Design’, mengatakan bahwa mau tidak mau jalan yang harus ditempuh adalah merenovasinya.

Ada dua jenis renovasi fasad, yaitu renovasi kecil dan besar. “Jika memang bujet Anda memungkinkan, bisa merenovasi besar. Jika tidak, renovasi ringan saja,” ucap Budi. Renovasi besar meliputi pembongkaran sebagian atau seluruh wajah rumah yang memiliki kaitan dengan struktur bangunan rumah. Sedangkan renovasi ringan biasanya hanya berupa penambahan material pada bidang tertentu, pengecatan, atau penambahan secondary skin (lapisan tambahan pada dinding luar).

“Untuk renovasi ringan biasanya tidak memerlukan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Tetapi, bila renovasi fasad diiringi dengan perubahan struktur rumah seperti menambah dan menghilangkan kolom, memajukan atau memundurkan dinding, memperpanjang ke atas karena kasus meningkat, maka IMB tetap diperlukan,” ucap Budi.

Fasad Itu Luas!

Budi mengungkapkan bahwa berbicara renovasi fasad itu memiliki cakupan yang luas. “Ada banyak elemen yang termasuk ke dalam fasad. Dari mulai pagar, pintu gerbang, dinding bagian depan rumah, teras, kanopi, carport, hingga balkon termasuk ke dalam bagian fasad,” ucapnya. Jadi, Anda bisa memfokuskan bagian mana yang akan diubah. “Apakah sebagian atau seluruhnya,” ucapnya.

Yang perlu menjadi perhatian adalah semakin banyak elemen yang diubah berarti semakin banyak uang yang harus Anda keluarkan. Selain itu, waktu pengerjaan juga akan semakin lama. “Kalau saya sih memiliki prinsip, perubahan kecil pun bisa berarti banyak. Jadi, jangan memaksakan jika keuangan Anda tak memungkinkan,” ucapnya. Nah, jika memang Anda tak memiliki banyak dana, Budi menyarankan agar melakukan renovasi ringan saja. Salah satunya dengan menambahkan material pada fasad rumah. Apa saja yang dapat kita lakukan pada fasad? Laporan Utama kali ini memberikan ide-ide material yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik fasad rumah Anda, plus tips pengerjaannya. Selamat menikmati sajian kami.

DOK. ANDYRAHMAN ARCHITECT LOKASI KEDIAMAN IWAN R. HIDAYAT - ALIATIN MASHJUD, SIDOARJO, JAWA TIMUR. ARSITEK ANDY RAHMAN Perusahaan CV ANDY RAHMAN ARCHITECTS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.