Lebih berkarakter dengan batu bronjong

Dengan menambahkan material batu bronjong pada pagar dan carport berkonsep modern, rumah pun jadi lebih berkarakter.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com

Setiap rumah idealnya memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik ini tak hanya mencerminkan identitas penghuni rumah, tetapi sebagai pembeda rumah Anda dengan rumah lainnya. Akan tetapi, karakteristik ini kadang tak dapat ditemukan pada rumah yang dibuat pengembang.

Pengembang sering kali lebih mengutamakan segi kemudahan dalam pelaksanaan. Tak salah memang apa yang dilakukan pengembang, karena mereka tidak mungkin membuat ratusan rumah yang disesuaikan dengan karakteristik penghuni rumahnya. Melihat realitas ini, tak heran jika banyak orang ingin merenovasi rumahnya.

Seperti pada rumah yang berada di Cluster Green Wood, Citra Garden, Sidoarjo, ini. Renovasi pada fasad menjadi salah satu fokus utama sang pemilik rumah. “Pemilik memang ingin rumahnya tampil agak berbeda dengan rumah di sekitarnya,” ucap Andy Rahman, arsitek sekaligus pemilik konsultan arsitek bernama Andyrahman Architect.

Perbedaan ini tampak jelas terlihat dengan adanya penambahan carport dan pagar di bagian fasad. Carport yang bisa memuat dua mobil ini dirancang simpel, berbentuk gawang dengan lubang-lubang bukaan di bagian atasnya. Agar lebih menarik, bagian atap carport dibagi menjadi dua bagian, ada bukaan berukuran sempit dan lebar. Dengan desain seperti ini, carport pun terlihat modern dan unik.

Sisi unik dan menarik pun makin terlihat dengan hadirnya desain pagar yang dibuat dari batu bronjong yang dimasukkan ke dalam kawat besi berbentuk kotak-kotak. “Pemilihan batu kali ini berdasar pada prinsip keseimbangan di mana pagar batu bronjong ini memberi aksen ketidakteraturan, alamiah, berwarna gelap, dan berkesan berat. Keberadaannya pun menjadi penyeimbang yang sepadan dari masa bangunan rumah yang simpel, lurus, teratur dan berwarna terang,” ucap Andy. Dengan semua perubahan ini, fasad pun semakin berkarakter dan terlihat menarik.

salah satu yang jarang dilakukan para arsitek adalah memainkan pola atap pada carport. andy Rahman, arsitek rumah ini sukses mengaplikasi hal terseut dan membuat rumah kian berkarakter. LOKASI PERUMAHAN CLUSTER GREEN WOOD, CITRA GARDEN, SIDOARJO ARSITEK ANDY RAHMAN. A, ST. IAI Perusahaan CV ANDY RAHMAN ARCHITECTS

aplikasi batu bronjong pada pagar membuat fasad rumah ini terlihat unik dan menarik, kan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.