Alami dengan PAPAN Fiber Semen

Papan pengganti ini lebih kuat dari kayu sebab materialnya terbuat dari semen. Sifatnya yang tahan cuaca cocok digunakan pada fasad rumah.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Penggunaan material kayu di luar ruangan sering memiliki masalah pada iklim tropis yang memiliki kelembapan tinggi. Muncul juga kekhawatiran, kayu akan lapuk terkena hujan dan sinar matahari, serta kemungkinan adanya serangan rayap.

Bahan semen dan fiber yang diolah menyerupai kayu bisa menjadi pilihan penggantinya. Material ini semakin digemari sebagai produk pengganti papan kayu karena harga relatif murah, indah, awet, dan tentu saja antirayap. Selain itu, papan fiber semen tahan terhadap cuaca sehingga cocok diaplikasikan pada bagian fasad bangunan.

Papan fiber semen juga dapat menambah estetika jika diaplikasikan sebagai secondary skin atau lapisan pada fasad sebab wajahnya yang alami. Salah satu yang menggunakan material papan semen untuk fasadnya ialah rumah milik pasangan Josua Paul dan Intan Monica Natalia. Menurut Josua, penggunaan papan fiber semen ini mampu membuat fasad tampak natural karena wujud materialnya yang menyerupai kayu.

Serupa Kayu

Papan semen ini tak hanya tampil serupa kayu, namun juga memiliki keunggulan yang merupakan solusi dari permasalahan atau kelemahan yang dimiliki kayu, yaitu mudah lapuk, keropos, dan terkena rayap. Permukaannya dibuat menyerupai serat kayu. Sifatnya yang tahan cuaca ini membuat papan semen tepat diaplikasikan pada fasad bangunan, walaupun tetap bisa digunakan juga pada interior bangunan.

Berbagai merek papan fiber semen dapat Anda jumpai di pasaran, di antaranya Woodplank, Conwood, dan Kalsi. Woodplank dari PT Siam-indo Concrete Products, misalnya. Karena berbahan dasar semen dan batuan alami, material ini bisa bertahan lebih dari 15 tahun. Warna dasarnya seperti warna semen dengan permukaan bertekstur dan polos. “Bisa diwarnai dengan menggunakan cat tembok waterbased dengan 2—3 kali pengecatan berjarak sekitar 1 jam. Jika memakai cat akrilik, perlu diencerkan 20%,” ucap Anggia Rita Anggraeni, Marketing Supervisor Woodplank.

Waktu pemasangan papan semen tidak terlampau lama. Untuk tukang yang ahli hanya membutuhkan 10—15 menit/m2. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar Rp 40.000—Rp 80.000/ lembar. Ukuran tebal yang tersedia umumnya 4 mm, 6 mm, dan 8 mm.

KEDIAMAN JOSUA PAUL-INTAN MONICA NATALIA, JATIHANDAP, BANDUNG

PAPAN fiber SEMEN DIAPLIKASIKAN PADA SALAH satu BAGIAN DINDING untuk MEMBERIKAN SEBUAH WARNA PADA KESELURUHAN FASAD RUMAH. LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.