Sirkulasi lancar dengan roster

Roster pada fasad akan menjadi jalur sirkulasi udara sekaligus mempercantik tampilan fasad rumah.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO TAN RAHARDIAN

Siapa yang tak ingin rumah tampil cantik sekaligus nyaman dihuni. Sirkulasi udara yang lancar adalah salah satu kunci kenyamanan rumah. Nah untuk memperlancar sirkulasi udara, pilihan material dan desain fasad berperan.

Salah satu material yang bisa membantu memperlancar sirkulasi udara ke dalam rumah adalah ventilation block atau yang juga dikenal sebagai roster. Material ini memiliki bentuk mirip bata namun memiliki rongga pada bagian tengahnya. Rongga tersebut akan menjadi jalur keluar masuknya udara sekaligus elemen dekoratif pada fasad.

Di pasaran, roster tersedia dalam berbagai jenis. Pertama, ada roster bata yang terbuat dari tanah liat. Roster jenis ini memiliki warna cokelat terakota dan cocok buat Anda yang menginginkan rumah berkonsep natural hingga etnik.

Kedua, ada roster semen dan beton dengan warna abu-abu. Roster semen dan beton pas buat rumah berkonsep modern minimalis. Selain material dan warnanya, jenis roster juga dibedakan dari ukuran dan bentuk rongganya. Ada yang berbentuk persegi biasa hingga yang membentuk pola geometrik, zig zag, dan bunga. Untuk ukurannya, roster tersedia mulai dari ukuran 20 cm x 20 cm sampai yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 15 cm x 40 cm.

Jenis Roster

Bentuk roster yang menarik tak ayal membuat material ini juga sering digunakan sebagai elemen dekoratif untuk ruang dalam. Untuk pemasangan roster di dalam rumah, sebaiknya pilih roster dengan permukaan bertekstur halus. Sementara untuk fasad, Anda akan lebih leluasa karena baik roster bertekstur halus maupun yang kasar bisa Anda gunakan.

Soal ketahanan roster bisa dibilang relatif, sebab semuanya bergantung dari posisi dan keadaan cuaca di lingkungan rumah. Risiko yang paling sering terjadi pada roster adalah kerusakan akibat lumut. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mencegahnya dengan melapisi roster menggunakan coating khusus batu.

Lokasi KEDIAMAN YUDA DWI CAHYA-DIANA ANASTASIA, BEKASI Arsitek ANGGA PERMATA

tampilan fasad roster akan lebih menarik dengan pot-pot bunga kecil sebagai dekorasi.

Roster juga pas bila dipadankan dengan batu alam, misalnya batu susun sirih seperti di fasad ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.