TAHAN CUACA DENGAN SEMEN

Selain berfungsi sebagai konstruksi, semen mampu diaplikasikan untuk mempercantik fasad rumah Anda dengan pola yang menarik.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Penggunaan semen sebagai pengisi fasad bangunan mungkin sudah bukan hal baru dalam dunia arsitektur. Material ini diyakini tahan terhadap cuaca sehingga mampu menjadi perisai utama bangunan. Namun rupanya masih banyak pemilik rumah yang enggan mengaplikasikan teknik ini ke bagian wajah rumah mereka. Alasannya, masih banyak yang menganggap fasad dengan semen terkesan seperti bangunan belum jadi. Padahal, semen dapat memberikan banyak keunggulan, baik dari sisi aplikasi maupun desain.

Seperti aplikasi semen yang diterapkan pada fasad rumah milik pasangan Danang Indrasworo dan Dwi Cahya Rahmadiyah ini. Bagian segitiga pada rumah ini mampu menjadi point of interest dari keseluruhan bangunan. Pada bagian ini, semen diaplikasikan dengan teknik tali air sehingga semen terlihat seperti dicetak dan berbentuk garis horizontal.

Cara Pemasangan

Menurut Nurrizka, arsitek dan desainer interior Va’aastu Studio, untuk membuat fasad seperti ini, Anda perlu menggunakan teknik tali air atau sulur-sulur. Teknik ini hanya berupa cekungan atau tambahan plesteran yang membentuk garis lurus. Jenis ini terbuat dari bahan adukan dengan komposisi lebih banyak semen dan sedikit pasir. Proses pembuatannya menuntut keahlian, ketelitian, dan tingkat kesabaran yang tinggi. Sebelum membuat tali air, pastikan pasangan tembok yang sudah diplester dalam keadaan kering.

Selain dengan teknik tali air, rupa fasad ini juga dapat dibentuk dengan menggunakan teknik stamped concrete. Cara pembuatannya dengan menekan cetakan ke semen saat semen masih dalam keadaan basah. Tertarik menerapkannya pada fasad rumah Anda?

LOKASI KEDIAMAN DANANG INDRASWORO-DWI CAHYA RAHMADIYAH, POMENTIA RESIDENCE, CIPEDAK, JAKARTA SELATAN

Untuk membuat pola seperti ini, diperlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.