Kayu dan Batu alam Berpadu

Memadukan dua unsur alam akan membuat fasad tampil lebih menawan. Tapi, pilih material yang tepat agar kecantikannya tahan lama.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO TEDDY YUNANTA

Melapisi dinding fasad dengan cat tentu sudah biasa. Agar lebih trendi, coba tampilkan unsur alam pada dinding fasad Anda. Bukan hanya satu unsur alam, melainkan dua unsur alam sekaligus. Anda bisa memadukan unsur kayu dan batu alam pada fasad. Pilih kayu yang cocok untuk luar ruangan misalnya kayu bengkirai dan kayu ulin. Kedua jenis kayu tersebut memiliki ketahan yang baik terhadap cuaca sehingga risiko lapuk relatif lebih rendah. Namun untuk langkah pencegahan tak ada salahnya bila Anda menambahkan lapisan pelindung khusus kayu untuk menghindari lapuk, rayap, sekaligus mempercantik tampilannya.

Sementara itu untuk batu alam, Anda bisa memilih batu alam berdasarkan warna dan teksturnya. Misalnya untuk batu alam dengan berwarna polos dengan tekstur yang bersusun rapi, pilih jenis batu susun sirih. Batu ini tersedia juga dengan warna kombinasi, cocok bagi Anda yang ingin tampilan fasad lebih dekoratif.

Bahan Pengganti

Bila Anda ingin tampilan natural tapi tidak mau repot dengan perawatan rutin yang mesti dilakukan, Anda bisa menggunakan bahan pengganti. Anda bisa memilih papan fiber semen dengan tampilan yang mirip kayu sebagai pengganti kayu solid. Dengan fiber semen Anda tidak perlu khawatir serangan rayap maupun risiko lapuk akibat cuaca. Hanya saja dari segi tampilan, kayu solid tentunya tampak lebih indah dan natural dibanding papan fiber semen.

Sedangkan untuk batu alam, kini di pasaran tersedia keramik atau homogeneous tile yang menyerupai batu alam. Sekilas keramik ini tampak seperti batu alam. Terlebih dengan sistem pemasangan interlok, keramik ini akan terlihat tanpa nat persis seperti pemasangan batu alam. Anda juga akan dimudahkan soal perawatan karena keramik batu alam tidak berisiko terkena lumut. Produsen yang menawarkan produk keramik batu alam ini di antaranya Centro, Sandimas, Roman.

LOKASI KEDIAMAN W. HARDJONO-YUDY, CIPUTAT Desain YUDY

Kaca juga bisa jadi pilihan material padanan untuk tampilan fasad rumah natural agar terlihat lebih elegan dan modern.

Pada fasad ini batu susun yang berpola horizontal dipadukan dengan kayu yang dipasang dengan cara senada. hasilnya tampilan rumah akan tampak lebih lebar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.