Tips Memilih Pengembang

Jangan sampai tertipu karena salah pilih pengembang. Kenali pengembang yang kredibel agar tidak kecewa di kemudian hari.

Rumah - - PROPERTI - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com

Membeli rumah dari pengembang tidak selamanya aman. Belakangan ini makin banyak kasus sengketa antara pengembang dan penghuni perumahan akibat sertifikat rumah yang tak kunjung diterima. Agar hal serupa tidak terjadi, ada baiknya Anda lebih berhati-hati ketika membeli rumah dari pengembang. Kenali ciri pengembang yang kredibel agar tidak merasa kecewa di kemudian hari. Ini cirinya!

KEANGGOTAAN ASOSIASI

Pengembang yang kredibel biasanya sudah terdaſtar sebagai anggota asosiasi pengembang. Setidaknya ada dua asosiasi pengembang yang resmi yakni Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

KREDIBILITAS

Kredibilitas dan profesionalitas pengembang bisa dilihat dari keseriusannya dalam melayani konsumen. Misalnya melakukan seluruh aktivitas transaksi dengan perantara bank, tak segan untuk menerangkan segara status legalitas yang mereka miliki misalnya status tanah yang hendak dibangun perumahan, dan memiliki kontak khusus yang siap dihubungi kapan saja untuk konsumen yang membutuhkan informasi.

PROYEK SEBELUMNYA

Jangan ragu untuk menelusuri rekam jejak pengembang lewat proyek-proyek yang pernah dikerjakannya. Bila perlu, telusuri juga kepemilikan perusahaan dari pengembang tersebut untuk mengetahui rekam jejaknya.

SHUTTERSTOCK

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.