11 LARANGAN SAAT MERENOVASI

Renovasi akan sukses bila Anda bisa menghindari sejumlah hal. Apa sajakah itu?

Rumah - - TIPS - TEKS M. MARDIANI KARDHA

Renovasi rumah skala besar adalah pekerjaan yang menguras biaya, tenaga, dan emosi. Supaya proses renovasi berjalan mulus, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, dan semua penghuni rumah merasa senang, hindari hal-hal berikut ini.

1 JANGAN MENCONTEK DESAIN ORANG LAIN

Setiap orang memiliki kebutuhan dan kebiasaan. Karena itu, desain rumah Anda sebaiknya dibuat sesuai kondisi Anda, bukan meniru desain rumah orang lain. Rumah teman Anda yang serba-putih, misalnya, belum tentu cocok diterapkan di rumah Anda, karena Anda masih memiliki balita sementara teman Anda tidak.

2 JANGAN HABISKAN TABUNGAN

Selama merenovasi, kehidupan Anda terus berjalan. Bukan tidak mungkin ada kebutuhankebutuhan mendadak yang membutuhkan biaya, seperti ada anggota keluarga yang sakit, ada kebutuhan sekolah anak yang harus segera dibeli, dan sebagainya. Pastikan Anda masih menyisakan dana untuk hal-hal tersebut.

3 JANGAN LUPA BIAYA CADANGAN

Walaupun Anda sudah membuat RAB, jarang sekali renovasi benarbenar tepat sesuai anggaran yang direncanakan. Entah karena ada kenaikan harga material, atau karena adanya tambahan kebutuhan di tengah jalan. Siapkan biaya cadangan sebesar 20% dari total biaya yang direncanakan.

4 JANGAN MENGUKUR SEMBARANGAN

Saat ingin membeli furnitur, ukurlah dengan tepat dan lengkap setiap ruangan di rumah Anda, agar Anda dapat memaksimalkan setiap jengkal dari ruangan yang ada. Furnitur yang terlalu kecil akan menyisakan ruang-ruang yang tanggung. Sedangkan furnitur yang terlalu besar akan membuat rumah tampak penuh.

5 JANGAN MUDAH TERGODA DISKON

Saat berbelanja isi rumah, persiapkan baik-baik daftar barang yang Anda butuhkan, dan berusahalah untuk patuh pada catatan tersebut. Dengan demikian Anda bisa berkata tidak pada barang bagus yang didiskon bila Anda memang tidak membutuhkannya.

6 JANGAN TERGESA MEMBUANG BARANG LAMA

Biasanya, karena ingin isi rumah sesuai dengan desain rumah yang baru, orang cenderung membeli furnitur baru. Jangan buru-buru! Bisa jadi ada furnitur lama Anda yang bisa di- makeover jadi bergaya masa kini. Apalagi kebanyakan barang lama memiliki kualitas material yang bagus.

7 JANGAN MENYERAHKAN SEGALANYA PADA PASANGAN

Ada orang yang malas pusing memikirkan renovasi rumah, dan menyerahkan semua keputusan pada pasangannya. Bila Anda akan tinggal di rumah tersebut, sebaiknya Anda ikut campur dalam proses renovasi. Jangan sampai Anda menyesal kemudian, karena ada kebutuhan Anda yang tidak terakomodasi.

8 JANGAN MEMAKSAKAN HARUS SELESAI SEKARANG

Bila dana memang terbatas, tak perlu memaksakan seluruh bangunan dan isinya selesai sekarang juga. Yang penting selesaikan bangunannya dulu. Sedangkan isi rumah (seperti furnitur dan benda elektronik) bisa Anda beli sedikit demi sedikit.

9 JANGAN MALAS MEMERIKSA PEKERJAAN TUKANG

Sekalipun Anda menggunakan jasa tukang yang sudah dipercaya, tetaplah rajin mengecek pekerjaan tukang. Sehingga bila ada pengerjaan yang tidak sesuai, bisa langsung cepat diperbaiki. Misalnya, jangan sampai Anda mengetahui ada yang salah pada pemasangan lantai setelah tukang selesai memasang keramik seluruh rumah.

10 JANGAN EGOIS!

Proses renovasi yang baik mestinya melibatkan seluruh anggota keluarga. Hasil yang baik bisa didapat dari kompromi semua orang yang akan menghuni rumah. Jadi jangan memaksakan keinginan pribadi. Sekalipun anak Anda masih kecil, misalnya, usahakan untuk mengajaknya ikut serta.

LOKASI KEDIAMAN KELUARGA RATNA PUSPITA, PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN FOTO ARIF BUDIMAN

Rumah dengan interior serbaputih bisa jadi cocok untuk orang lain namun tidak untuk Anda yang memiliki balita.

LOKASI KEDIAMAN RENSY ELLY, GADING SERPONG, TANGERANG DESAINER BOBBY A. RIADY, INTERLUDE ARCHITECHTURE & INTERIOR FOTO VICTOR ADIANGGARA

Sekalipun anak Anda masih kecil, usahakan untuk tetap melibatkannya dalam renovasi rumah, minimal untuk kamar si anak tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.