Didominasi Bambu Air dan Lee Kwan Yew

Taman mungil ini didominasi oleh tanaman bambu air dan lee kwan yew, yang juga berfungsi sebagai pagar rumah serta tirai penghalau matahari.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI

Taman yang berada di depan rumah ini dirancang simpel dengan desain minimalis. Penghuni hanya memanfaatkan lahan sisa dari pengembang untuk dibuat taman dengan luas 3 m x 1,5 m. Dengan ukuran yang terbatas, jenis tanaman yang dihadirkan pun tak banyak, hanya sekitar 7 jenis.

Menariknya, di antara ketujuh tanaman tersebut, ada 2 tanaman yang mendominasi taman mungil ini, yaitu tanaman yang menggantung dari lantai 2 serta yang berdiri kokoh serupa pagar. Tanaman yang difungsikan sebagai tirai tersebut bernama lee kwan yew atau biasa disebut tanaman janda merana. Karena bentuknya yang unik seperti tirai, maka di luar negeri tanaman ini disebut

curtain creeper atau vernonia creeper. Letaknya yang persis di depan pintu rumah, mampu menghadang terik matahari kala siang hari.

Sementara itu, karena rumah ini tidak memiliki pagar kokoh seperti pada umumnya, maka dipilihlah tanaman bambu air yang bentuknya tegak lurus dan ditanam sejajar menyerupai pagar. Karena tekstur dari taman ini cenderung berlumpur seperti tanah liat, maka bambu air dapat ditanam langsung di tanah tanpa membutuhkan pot sebagai wadahnya.

Perawatan dari kedua tanaman tersebut terbilang mudah. Untuk janda merana, Anda hanya perlu menyiramnya minimal sehari sekali. Kekurangan air menyebabkan tanaman ini menjadi layu. Cukup gunakan selang dengan aliran air yang tidak terlalu deras agar lantai teras tidak becek. Hal yang sama juga berlaku untuk bambu air. Cukup siram sehari sekali, lalu potong ujung tanaman bambu air agar tumbuh dengan lebat.

Selain kedua tanaman tersebut, beberapa tamanan lain juga menghiasi area taman ini. Mulai dari meatleaf, cemara, krokot, spider plant, dan mawar. Sebagai area untuk berpijak, terdapat elemen hardscape yang terbuat dari batu koral. Agar taman terlihat cantik saat malam hari, ditambahkan lampu taman yang diletakkan di tengah-tengah area taman.

KEDIAMAN MUKHTARUS BAHROINUDDIN-DIAN PRATIWI, DEPOK, JAWA BARAT

Walaupun ukuran terbatas, elemen dan melengkapi taman ini. LOKASI

digantung pada sisi kiri dan kanan taman.

Perawatan bambu air sangat mudah, hanya disiram minimal sehari sekali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.