Tekan Bujet Pakai Tanaman Mini

14 Untuk menekan bujet, pemilik taman ini menggunakan tanaman mini. Alhasil, dengan modal Rp3 jutaan taman cantik hadir di halaman rumahnya.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SITI NAHDIATUL FATA MURTAZA FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Taman mungil di halaman rumah ini menjadi area favorit anggota keluarga saat berkumpul sore hari. Dirancang dengan konsep minimalis, penghuninya mengaku sengaja menyediakan lahan untuk dibuat taman dengan luas 4 m x 4 m. Uniknya, pemilik rumah memilih tanaman mini untuk menekan biaya. Alhasil, penghuni hanya merogoh kocek sedalam Rp3 jutaan saja untuk menghadirkan taman cantik nan asri di halaman rumahnya.

Tanaman mini memang cocok untuk menghijaukan halaman yang tidak terlalu luas dan rumah tak tampak gelap serta rimbun. Ada beberapa pilihan tanaman mini, di antaranya sikas, anting putri, bougenville, dan tanaman agave.

Penghuni rumah juga memanfaatkan tanaman brokoli kuning sebagai pagar yang mengelilingi taman cantik ini. Brokoli menjadi favorit sebagian masyarakat untuk menghias taman di teras rumah. Selain warnanya yang cantik, harganya pun relatif murah yakni Rp3.000 –Rp7.500 per buah. Tanaman hias ini memiliki bentuk unik dengan batang tanaman yang ditumbuhi daun rimbun berwarna kuning cerah atau hijau muda. Selain itu, daunnya yang tak cepat tumbuh tinggi juga menjadi pilihan tepat untuk penghias taman gaya simpel ini.

Karena taman ini sudah cukup mendapat cahaya matahari, untuk perawatannya, Anda hanya perlu melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin.

Tanaman mini jenis ini perlu disiram sehari sekali di pagi hari agar tak layu dan kering. Sedangkan untuk pemupukan, Anda bisa melakukannya sebulan sekali memakai pupuk kandang atau pupuk NPK, dengan cara menaburkannya di media tanam.

Selain tanaman mini, beberapa tanaman lain juga tampil di taman ini, seperti mawar, spider plant, melati, serta rumput gajah mini sebagai groundcover. Di area untuk berpijak, terdapat elemen hardscape yang terbuat dari batu koral yang dicat warna putih, toska, dan hitam. Agar taman terlihat cantik saat malam hari, terdapat lampu taman yang diletakkan di tiang dan tembok teras.

KEDIAMAN MELA ANDAYANI, BEJI, DEPOK

LOKASI

Agar taman terlihat ceria, penghuni sengaja memberi warna cerah pada area pijak yang terbuat dari batu koral.

Pohon sikas mini menjadi tanaman mini yang tampil unik di taman mungil ini.

Rumput gajah mini cocok sebagai groundcover, selain membuat terlihat lebih hijau harga tanaman ini pun cukup murah sekitar Rp25 ribu per meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.