MENGECAT ULANG PERMUKAAN GIPSUM

Cat di permukaan gipsum Anda rusak? Simak solusi berikut ini!

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI

Cat dapat disapukan ke berbagai material dinding. Salah satunya adalah gipsum. Sama seperti aplikasi pada tembok, cat juga tidak bebas dari risiko kerusakan saat diaplikasikan pada gipsum. Menurut Suwarso, System Develoment Spv PT Petrojaya Boral Plasterboard, penyebab mengelupasnya cat gipsum adalah aplikasi kompon gipsum ( gypsum compound) atau penyambung gipsum yang salah. Cat tersebut mengelupas karena lapisan cat menempel pada debu dari sisa ampelasan kompon gipsum.

Aplikasi kompon gipsum di atas permukaan yang salah juga akan mengakibatkan hal yang sama. Contohnya aplikasi kompon pada bagian kertas gipsum. Pengaplikasian kompon yang terlalu tipis juga akan mengakibatkan hal yang sama.

Untuk mencegahnya, gunakan kompon gipsum pada sambungan gipsum saja. Pastikan permukaan kering, bersih, dan bebas dari debu sisa ampelasan kompon. Selain itu, jangan gunakan kompon gipsum di atas permukaan cat yang lapisan filmnya sangat rapat, seperti pada cat premium.

Untuk memperbaikinya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. • Pertama, kerok seluruh lapisan cat yang mengelupas ( peel off ) sampai ke permukaan gipsum. Kerok lebih luas dari permukaan yang mengelupas. Setelah itu, aplikasikan wall sealer dan biarkan hingga kering selama kira-kira 30 menit. Kemudian, ampelas permukaan gipsum hingga rata. Bersihkan permukaan dari sisa-sisa hasil pengampelasan. Setelah itu, aplikasikan kembali wall sealer lalu biarkan kering. Setelah itu, aplikasikan cat finishing yang berkualitas. Jika langkah perbaikan di atas dilakukan dengan benar, cat pada permukaan gipsum akan tahan lama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.