GELIAT KOTA MANDIRI DI CIKARANG

Pengembangan besar-besaran membuat Cikarang menjadi calon kota mandiri. Seperti apa fasilitasnya?

Rumah - - PROPERTI -

Andil pengembang besar dalam pembangunan suatu wilayah tak dimungkiri turut mendongkrak nilai investasi di wilayah tersebut. Sebut saja kawasan BSD City, Tangerang Selatan, yang dulunya dijuluki kawasan “jin buang anak”. Sebutan ini menggambarkan betapa jauhnya daerah tersebut dari pusat kota. Tapi kini, banyak orang berlomba-lomba memiliki properti di BSD City karena nilai investasinya melejit setelah dikelola Sinar Mas Land.

Menyusul BSD City, kini Cikarang mulai bergerak. Beberapa pengembang besar seperti Sinar Mas Land dengan proyek Kota Deltamas, Jababeka, yang mengembangkan kawasan industri Cikarang, hingga Lippo yang baru-baru ini menggempur pasar dengan mega proyek Meikarta.

Pengembangan besar-besaran ini kemudian mengerek harga tanah di kawasan Cikarang dari tahun ke tahun. Anton Sitorus, kepala riset properti Savills Indonesia, mengatakan, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir terjadi kenaikan harga tanah di Cikarang. “Kenaikannya antara 20%-30% tiap tahunnya,” kata Anton.

Sementara, harga unit properti yang ditawarkan para pengembang ke calon konsumen terbilang murah. Sebut saja harga unit tipe studio dari apartemen Meikarta dibanderol Rp127 jutaan saja. Harga ini belum tentu bisa didapat untuk apartemen sejenis yang berlokasi di Jakarta.

Tapi, meskipun jauh dari Jakarta, Anda tak perlu khawatir. Hampir seluruh proyek properti yang dikembangkan di kawasan Cikarang menawarkan konsep kota mandiri. Artinya, semua fasilitas bisa didapatkan penghuni dalam satu kawasan. Meikarta misalnya, merancang hunian mixed use terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, sarana pendidikan dan kesehatan, serta ruang publik terbuka berupa taman seluas 100 hektar.

Kalau perlu berkunjung ke Jakarta, Anda pun tidak perlu khawatir. Kawasan Cikarang tersambung akses tol JakartaCikampek yang saat ini sedang dalam pengembangan menjadi tol layang. Dengan begitu, kemacetan tol akibat truk muatan dari kawasan industri bisa diurai dan waktu tempuh dari dan menuju Jakarta bisa lebih singkat.

Di kawasan ini ada juga Light Rail Transit (LRT), kereta cepat rute Jakarta-bandung, serta rencana pembangunan bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Pembangunan bandara ini diprediksi turut memberi dampak positif untuk perkembangan kawasan Cikarang.

Dengan segala penawaran fasilitas serta iming-iming harga terjangkau tadi, Anda jangan lantas buru-buru berinvestasi. Perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk menginvestasikan dana untuk properti. Terlebih, hampir semua proyek properti yang ditawarkan berupa proyek inden. Anda harus teliti dan berhati-hati mengenai status perizinan lahan yang sedang dibangun tersebut. Jangan sampai nantinya Anda merugi akibat tergiur keuntungan semata.

Namun, bila proyek yang ditawarkan sudah jelas legalitasnya dan rekam jejak pengembangnya terpercaya, tak ada salahnya untuk segera berinvestasi di calon kota mandiri ini. Siap berinvestasi?

Desain apartemen dari proyek Meikarta

Proyek Orange County dari Lippo Cikarang yang berkonsep sedang dalam pembangunan

Kawasan Lippo Cikarang telah lama menjadi kawasan hunian skala besar di Cikarang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.