Kenali Penambal nat Kamar mandi

Jangan panik waktu mendapati air rembes pada nat area basah ini. Yuk, atasi dengan material yang satu ini.

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI

Nat keramik memang berfungsi sebagai penyambung dan penutup celah potongan atau sisi pertemuan keramik. Fungsi itu bertambah untuk aplikasi di kamar mandi. Di sini, nat harus mampu menahan rembesan air yang mengalir di atas permukaan keramik. Apabila kamar mandi berada di lantai dua, air yang merembes lewat nat bakal merusak plafon. Lamakelamaan, hal tadi menimbulkan kebocoran.

Rembesan air biasanya terjadi lantaran usia nat yang lama. Seiring berjalan waktu, nat tanpa kita sadari terkikis air. Celah yang ada menjadi jalan air untuk menembus lapisan di bawahnya. Jika lantai kamar mandi masih terbilang baru, tapi terjadi rembesan air, boleh jadi ada kesalahan terjadi saat pemasangan keramik atau dalam pembuatan dak.

Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru mudah saja. Hartanto, kontraktor bangunan dari Bangun Jaya Mandiri memberikan kiat. Langkah pertama, pastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak dengan cara mengetuknya. Jika keramik tak menempel dengan baik, maka Anda harus membongkarnya.

Kalau ternyata keramik masih menempel baik, cukup bersihkan nat pada area yang bocor. Usai mengerok nat hingga bagian dasar, bersihkan bekas nat tadi hingga betul-betul bersih. Campurkan air dan semen untuk membuat nat tahan air ataupun cat waterproof yang Anda kuaskan pada nat. Biarkan cairan tadi meresap dan mengering sempurna.

Namun, dalam jangka waktu tertentu jika terekspos air secara terus menerus membuat kerekatan waterproofing menjadi lemah. Satu sampai 1,5 tahun lagi mungkin Anda perlu melakukan pelapisan ulang supaya tidak ada area yang bocor.

Padahal pelapis kedap air yang baik seharusnya memiliki usia yang sangat panjang, selama bangunan itu dipakai dalam hal ini area kamar mandi. Tak usah khawatir, sebab ada beberapa jenis produk lain yang punya daya rekat kuat. Salah satu contohnya, Sikadur-20 Crack Seal dari Sika. Produk ini diklaim mampu memperbaiki kerusakan nat secara permanen.

Ada pula produk lainnya, MU-600 Dryshield keluaran dari Mortar Utama Weber. MU-600 Dryshield memiliki daya rekat tinggi, tak beracun, dan tak korosif sehingga aman untuk diaplikasikan pada beragam area basah. MU-600 Dryshield mengandung acrylic copolymer yang memperkuat ketahanan fleksibilitas waterproofing terhadap keretakan.

Untuk harga, Sikadur-20 Crack Seal dibanderol dengan harga Rp181.800. Sementara, MU-600 Dryshield ukuran 20 kg Rp250.000, sedangkan ukuran 3 kg harganya Rp100.000.

FOTO LOKASI JOU ENDHY PESUARISSA KEDIAMAN RAHMAT SYAHRULLAH DAN RIZKYNA ALAMANDA SIREGAR, RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.