Mengatasi Panas Dengan taman Dalam Ruang

Rumah - - KONSULTASI -

JKarena lahannya berbentuk dan berukuran standar, denah rumahnya juga dibuat sederhana, agar Anda mendapatkan ruang seefisien dan seoptimal mungkin.

Pada umumnya, lantai dasar dijadikan lantai utama. Karena banyak kegiatan bersama dilakukan di lantai ini, entah kegiatan keluarga atau kegiatan yang melibatkan orang luar (tamu), perlu dibuat pembagian area

zoning. Dengan demikian kegiatan yang melibatkan orang banyak, terutama orang luar, tidak sampai mengganggu kegiatan yang sifatnya pribadi. Apalagi di lantai dasar ini ada 2 buah ruang tidur yang membutuhkan privasi dan ketenangan, sehingga pemisahan area pun harus cukup jelas.

Secara garis besar, ruang dibagi menjadi 3 zona, yaitu area bersama (publik), area pribadi (privat) dan area servis. Pembagian ini saya buat dari kanan ke kiri, bukan dari depan ke belakang. Alasannya, supaya area servis memiliki akses sendiri yang terpisah dari akses publik. Dengan demikian kegiatan di area servis tidak mengganggu kegiatan utama keluarga.

Keterangan ruang-ruangnya dapat dilihat pada denah.

Karena ada ruang keluarga dan ruang tamu, maka ruang makan harus bergeser ke area servis sehingga memperkecil dapur. Bila ruang tamu dan ruang keluarga dijadikan satu, maka ruang makan bisa lebih baik posisinya, yakni di tengah dan menghadap ke taman di belakang rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.