Simpel dengan sentuhan skandinavia

Hunian yang menawan tak harus dipenuhi dengan berbagai dekorasi. Dengan penataan yang tepat, gaya yang simpel pun dapat tampil cantik.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS TIYA SEPTIAWATI FOTO ADITIA RIANDA LUAS TANAH 160 M2 LUAS BANGUNAN 140 M2

Setahun terakhir, gaya Skandinavia begitu populer di dunia desain interior. Penataannya yang simpel, bersih, serta fungsional membuat banyak orang jatuh hati dan mengadopsi gaya ini ke dalam huniannya.

Tak terkecuali bagi pasangan Gio Gia Fanny dan Lustika Permanikasari. Pemilihan gaya tersebut tentu bukan tanpa alasan. Sedari awal, Lustika memang menginginkan rumah yang homey, simpel, dan bersih. Selain itu, gaya Skandinavia yang kuat warna putihnya, menurut Lustika dapat membuat ruang di rumah terlihat lebih luas.

“Awalnya suami maunya gaya industrial, tapi kayaknya kurang cocok kalau diaplikasikan ke rumah mungil. Jadinya (suami) ngalah, deh,” ujar ibu satu anak ini sembari tertawa.

Gaya Skandinavia juga identik dengan kesederhanaan dan kepraktisan. Begitu pun desain rumah ini, yang sangat simpel dan tak banyak hiasan yang membuat lelah mata. Dua atau tiga lukisan di dinding dan beberapa tanaman dalam ruang cukup untuk menambah kecantikan di hunian ini.

Kecintaan pemilik hunian pada konsep sederhana khas Skandinavia juga diterjemahkan dalam pemilihan furnitur yang memiliki garis simpel dan bersih. Ini dapat dilihat pada ruang makan. Hampir semua furniturnya berkaki ramping dan berwarna putih. Di ruang tamu pun demikian. Abuabu tanpa motif dipilih untuk sofa, sehingga Lustika dapat dengan mudah bermain-main dengan motif cushion dan karpetnya.

Banyak Bukaan

Penerapan lain gaya Skandinavia di rumah di bilangan Depok ini adalah banyaknya jendela atau bukaan besar. Seolah ingin terhubung dengan area luar, pintu dan jendela kaca yang lebar menuju taman belakang lantas ditambahkan. Batas antara indoor dan outdoor pun menjadi kabur. Bukaan inilah yang juga membuat rumah memiliki pencahayaan alami dan menguatkan kesan natural.

Tak berhenti di situ, penataan ruang-ruang di hunian ini dibuat terbuka dan minim sekat agar berkesan lega. Selain membuat udara alami dapat mengalir leluasa tanpa hambatan, penataan terbuka ini membuat cahaya matahari dan pemandangan di luar jendela dapat dinikmati dari semua penjuru ruang.

Dari hunian ini kita belajar bahwa sesuatu yang sederhana pun mampu terlihat istimewa. Tanpa berlebihan, semua terasa sempurna.

Walau tak banyak dekorasi di dinding, ruang tamu ini tetap terlihat atraktif dengan permainan motif karpetnya. Tak hanya itu, single chair berwarna hijau di tengah-tengah warna monokrom mampu menghilangkan kesan monoton.

Sebagai pengganti dekorasi dinding, pemilik rumah ini meletakkan tanaman di dalam ruang tamu agar kesan natural semakin terasa.

Pada kamar tidur utama, terdapat jendela dan pintu besar agar ruangan terlihat terang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.