Terbuka Menghadap Taman

Ruang makan dan dapur yang menghadap taman membuat suasana masak dan santap makin menyenangkan.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SITI NAHDIATUL FATA MURTAZA FOTO KURNIAWAN ADI NUGROHO

Salah satu syarat dapur yang sehat adalah sirkulasi udara yang lancar. Itu sebabnya, desain dapur terbuka menghadap taman bisa jadi pilihan. Bila Anda memiliki lahan sisa yang berdekatan dengan area dapur, konsep dapur terbuka dapat Anda terapkan.

Inilah yang dilakukan Destra Yuris Revindika pada sisa lahan di area belakang rumahnya yang berada di Sleman, Yogyakarta. Tanpa campur tangan arsitek atau desainer interior, Destra sukses menyulap lahan tersebut menjadi dapur terbuka menghadap taman yang nyaman dan asri.

“Dari dulu saya kebayang ingin punya ruang makan dan dapur yang terbuka atau semioutdoor, yang didukung suasana hijau dan suara gemercik air dari kolam. Pasti akan seru menikmati sarapan sembari bercengkrama dengan keluarga. Lalu, saya memutuskan untuk tidak menutup seluruh bagian belakang rumah dan memanfaatkannya sebagai dapur terbuka menghadap taman,” kata Destra.

Tepat di depan dapur, terdapat meja bar yang menjadi tempat favorit Destra menikmati secangkir kopi di pagi atau sore hari. Selain itu, ia juga menempatkan meja makan panjang dengan material kayu trembesi sebagai ruang santap ketika kumpul dengan anggota keluarga.

LOKASI KEDIAMAN DESTRA YURIS REVINDIKA, SLEMAN, YOGYAKARTA

Tampilan dapur makin trendi dengan hadirnya kursi makan berwarna putih yang memiliki sentuhan Skandinavia. Menurut Destra, lampu gantung ini hanya digunakan untuk penerangan saat malam hari. Ketika siang hari, keenam lampu gantung tersebut berfungsi sebagai dekorasi. Di sudut taman, hadir gazebo cantik dengan sentuhan tradisional. Gazebo ini terbuat dari kayu trembesi dengan aksen jendela krepyek berbahan kayu jati.

Destra juga memberi sentuhan alami melalui meja makan berbahan kayu trembesi dengan ukuran 210 cm x 65 cm setebal 10 cm.

Meja makan dan meja bar dipesan khusus oleh Destra ke tukang furnitur di dekat rumahnya. pemilik rumah menggunakan motif tegel kunci untuk backsplash dapur agar tampilan dapur lebih semarak.

Jendela krepyak pada dinding taman berbahan batu andesit mempercantik tampilan dan memberi sentuhan tradisional untuk taman.

pintu kaca dengan kusen dari kayu solid ini menjadi penghubung ruang keluarga dan ruang dapur. Selain menjadi akses, pintu ini juga berfungsi sebagai bukaan untuk memperlancar sirkulasi udara di ruang keluarga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.