Meja khusus untuk ngopi

Dengan menyatukan dapur dan ruang makan, semua kebutuhan terpenuhi, bahkan cukup untuk sebuah meja khusus untuk meracik ngopi.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS FRANSISCA WUNGU PRASASTI FOTO ADELINE KRISANTI

Pengaturan ruang yang jitu menjadi kunci untuk memasukkan semua kebutuhan ruang ke dalam lahan yang terbatas. Contohnya di dapur milik pasangan Laurentius Ade Wida Kurniawan dan Franxis Erika Murtiasari. Karena kegemarannya akan kopi, saat renovasi, pemilik rumah ini punya permintaan khusus kepada si arsitek, Mikael Fredi Indra. Mereka ingin agar ada area khusus untuk meracik kopi.

Dengan ruang yang ada, sebuah meja island lantas ditambahkan pada dapur yang terletak di bawah tangga ini. Ruang makan yang semula berada di depan dapur harus bergeser lokasi ke sudut ruang. Meja island ini dilengkapi dengan banyak penyimpanan di bawahnya untuk mengoptimalkan ruang.

Untuk desainnya, dapur yang menyatu dengan ruang makan ini didominasi oleh warna-warna natural. Namun, pemilik rumah ini berpesan agar warna natural yang hadir nantinya bukan yang gelap. Maka putih, cokelat muda, juga abu-abu mewarnai dapur dengan sentuhan Skandinavia ini.

Mengenai desain dapur dan ruang makannya ini, Ancis, panggilan akrab pemilik rumah ini, berujar, “Saat renovasi, kami itu maunya banyak. Tetapi desain ruang yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhan kami. Ruang ini benar-benar kami gunakan setiap hari.”

LOKASI KEDIAMAN LAURENTIUS ADE WIDA KURNIAWAN – FRANXIS ERIKA MURTIASARI, UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR ARSITEK MIKAEL FREDI INDRA

Dinding tak dibiarkan kosong. Sebuah rak panjang ditambahkan untuk menyimpan berbagai pernik. Meja makan terletak di sudut ruang. pengaturan kursinya disesuaikan karena salah satu sisi meja makan merapat ke dinding.

Meja makan di sudut ruang. warna cokelat mudanya menyesuaikan keinginan pemilik rumah akan nuansa natural yang ringan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.