Trik kamar MUNGIL Terasa Lega

Dengan beberapa trik berikut, kamar tidur mungil tetap terasa lapang dan nyaman.

Rumah - - INTERIOR - TEKS SITI NAHDIATUL FATA MURTAZA FOTO JOU ENDHY PESUARISSA TAMBAHKAN CERMIN DEKORASI SIMPEL

Kamar tidur adalah ruang yang digunakan untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Anda tentu memerlukan sebuah kamar yang nyaman agar tubuh kembali bugar usai beristirahat. Tapi, saat ini, pemilik rumah kerap terkendala luas kamar tidur yang mungil lantaran menghuni rumah dengan luas terbatas. Mereka pun harus bersiasat saat menata kamar tidurnya yang mungil agar terasa lebih lapang.

Pramita Aninditya Kusuma, Head of Design Informa, berbagi tips menata kamar tidur mungil agar terasa lega dan nyaman. Apa saja? Berikut tipsnya!

PERHATIKAN PENCAHAYAAN DAN SIRKULASI

Pramita, yang akrab dipanggil Mita, mengatakan bahwa pencahayaan dan sirkulasi udara yang optimal pada kamar tidur mungil merupakan kuncinya. Pencahayaan didapat melalui penggunaan lampu yang melekat di plafon dan lampu meja untuk malam hari. Saat siang hari, pencahayaan bisa Anda dapat dari sinar matahari yang masuk melalui jendela. Sirkulasi udara untuk kamar tidur mungil juga didapat dari bukaan seperti jendela dan ventilasi. Anda bisa menambahkan roster pada dinding untuk membuat ventilasi.

PILIH FURNITUR SESUAI LUAS RUANG

Furnitur menjadi elemen utama yang tampil di kamar tidur, misalnya tempat tidur, lemari, meja rias, atau meja kerja. Anda harus memilih model furnitur yang ukurannya sesuai dengan luas ruang. Untuk kamar tidur kecil, pilih furnitur yang modelnya simpel dan ramping agar tidak terkesan membuat ruang penuh.

FURNITUR MULTIFUNGSI DAN HEMAT TEMPAT

Selain ukurannya harus sesuai dengan luas ruang, furnitur pada kamar tidur mungil juga harus multifungsi. Tempat tidur dengan laci di bawah dapat menjadi pilihan tepat sebagai pengganti lemari pakaian. Anda juga dapat memanfaatkan ambalan sebagai penyimpanan. Kamar tidur kurang lengkap bila tak ada cermin di dalamnya. Cermin di kamar biasanya hanya digunakan untuk bercermin saat berhias. Padahal, menurut Mita, cermin dapat berfungsi menampilkan kesan luas di kamar. “Menambahkan cermin dinding di salah satu sudut ruang adalah tips mudah agar kamar terlihat lebih luas. Tapi, pemilik rumah harus juga harus memperhatikan penempatan cermin dinding sesuai sudut pandang Feng Shui supaya tak salah tempat,” jelas Mita.

Pernik yang unik akan mempercantik tampilan kamar. Namun lain halnya jika kamar luasnya terbatas. Menurut Mita, kamar mungil sebaiknya memiliki dekorasi yang simpel dan minim aksen. Anda cukup menempatkan bingkai foto, tanaman, atau hiasan yang simpel pada kamar.

Selain itu, motif pun sebaiknya hanya ada di bantal atau karpet. “Kalau pemilik rumah memakai wallpaper sebagai pelapis dinding. Pilihlah wallpaper dengan motif sederhana dan tidak terlalu besar. Begitu juga dengan pemilihan seprai tempat tidur. Gunakan motif sederhana dengan warna lembut dan tidak terlalu berjuntai supaya enggak kelihatan ramai,” tutur Mita.

Rumah Contoh Citra garden BMW, Cilegon, Banten

LOKASI

Salah satu trik agar kamar tidur mungil terasa lapang yakni dengan memanfaatkan meja kerja sebagai meja rias. Anda dapat menyimpan peralatan rias di dalam laci.

Lampu meja mengoptimalkan pencahayaan saat malam hari.

Untuk kamar mungil, sebaiknya gunakan dekorasi yang tak terlalu banyak aksen. Contohnya hanya menambahkan bantal karakter di tempat tidur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.