TRIK MENATA DAPUR RUMAH TIPE 45

Rumah - - PROPERTI -

Bagi para first time buyer, yang kebanyakan adalah pasangan muda, tipe 45 adalah tipe rumah yang ideal. Ukurannya tidak terlalu besar, namun cukup memenuhi kebutuhan pasangan dengan satu atau dua anak. Tipe ini pun dari segi anggaran.

Berdasarkan Rumah. com Property Index, median harga rumah tapak di Jabodetabek untuk ukuran luas bangunan 41 – 50 m2 mengalami penurunan. Penurunan tren harga rumah tapak di kategori ini yang mencapai 8% dibandingkan tahun lalu terjadi karena pembangunannya bergeser semakin menjauh dari Jakarta. Lahan-lahan yang tersisa di area-area yang lebih dekat dengan Jakarta mulai difokuskan pada pembangunan apartemen.

Berdasarkan median harga di atas, maka harga rumah untuk tipe bangunan ukuran 45 m2 berada pada kisaran Rp 760 juta. Hunian seharga ini bisa Anda temukan di kawasan-kawasan yang masih terbilang strategis seperti Serpong, Sawangan, Harapan Indah, Jatiasih, dan Kota Bogor.

Sementara untuk harga yang lebih rendah, Anda bisa mendapatkannya di daerah-daerah seperti Jatisampurna, Bojongsari, maupun Tigaraksa.

Walaupun ukuran 45 m2 cukup ideal, tetapi seperti diakui Lukman Hakim (40), pemilik rumah bertipe 45 yang berlokasi di Sawangan, Depok, Jawa Barat, ia kesulitan mengatur ruang, misalnya dapur. Ukuran dapur rumah tipe 45 umumnya tak lebih dari 2 m x 3 m. Agar dapur tetap nyaman, sebaiknya kiat-kiat di bawah ini bisa dicoba.

BUAT RUANG TERBUKA

Buat dapur yang menyatu dengan ruang makan, untuk memberi ilusi ruang yang lebih luas. Selain itu, jangan menyekat ruang makan dengan ruang keluarga, sehingga rumah menjadi terlihat luas. Tempatkan jendela besar yang memungkinkan cahaya matahari menerangi ruang, agar rumah terasa terang dan lapang.

TAMBAHKAN RAK GANTUNG

Dapur tak harus memiliki kitchen set lengkap dengan lemari dapur. Untuk menghemat ruang dan tidak memberikan kesan sempit, gunakan rak gantung untuk menyimpan peralatan masak.

Agar lebih rapi, pilih rak gantung dengan model “melayang”. Rak seperti ini memiliki besi penyangga yang tersembunyi di dalam rak itu sendiri, sehingga tampilannya “bersih”.

GUNAKAN WARNA PUTIH

Tak ada salahnya menggunakan warna putih untuk dapur Anda. Dapur sempit pun akan terkesan lapang jika dindingnya dicat dengan warna putih. Warna ini juga memberikan kesan bersih sehingga Anda yakin makanan yang disajikan terjamin higienis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.