RUMAH UNTUK IBU YANG SUDAH LANSIA

Rumah - - KONSULTASI -

TSaya baru membeli kaveling di daerah Jakarta Selatan, berukuran 7 m x 11 m. Saya membeli kaveling ini untuk ibu saya, untuk ia tinggali nanti ketika semua anak-anaknya sudah menikah. Rumah kiri dan kanannya adalah rumah keluarga ibu saya.

Ruang-ruang yang dibutuhkan adalah sebagai berikut. - Ruang keluarga yang luas. - Ruang tamu kecil (karena ibu saya cukup sering menerima tamu). - Dapur. - Ruang makan kecil. - Ruang tidur utama (dengan bukaan yang cukup besar). - Dua kamar tidur (jika ada anak-anaknya yang menginap). - Kamar mandi (tidak perlu ada kamar mandi utama). - Musala. - Gudang (karena ibu saya memiliki cukup banyak peralatan). - Ruang servis.

Ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan. Untuk kamar tidur utama, harus cukup terang dan sirkulasi udaranya baik, karena ibu saya mengidap asma. Jika memungkinkan, kamar utama diletakkan di lantai bawah sehingga ibu tidak harus naik-turun tangga.

Karena ibu saya menyukai tanaman, sebisa mungkin ada taman di belakang dan depan rumah. Sedangkan untuk gaya rumahnya, saya memilih gaya yang bisa bertahan lama.

JKarena ada keterbatasan lahan, maka mau tidak mau rumah ini harus dibuat menjadi 2 lantai. Selain itu, karena rumah ini akan dihuni oleh orang lanjut usia, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

Pertama, terang. Karena penglihatannya sudah berkurang, orang tua membutuhkan cahaya yang lebih terang dibandingkan orang yang lebih muda.

Kedua, lapang dan terbuka. Semua benda yang ada di rumah sebaiknya benar-benar memiliki fungsi, bukan hanya bersifat dekoratif. Terlalu banyak benda dekoratif dapat mengganggu langkah orang tua ketika berjalan.

Ketiga, lantai yang landai. Perbedaan ketinggian lantai harus dibuat seminim mungkin. Jika pun ada, sebaiknya dibuat berupa lantai slope, bukan anak tangga.

Keempat, perlu bukaan yang banyak. Orang tua lebih menyukai udara segar dibandingkan udara dari AC atau kipas angin. Karena itu, rumah untuk orang tua perlu bukaan yang cukup banyak dan luas, agar udara dapat berganti secara maksimal tanpa perlu bantuan alat elektronik.

Penjelasan ruang-ruangnya dapat dilihat pada denah.

Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono

Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 6 Jakarta 10270 atau melalui

e-mail di e-mail.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.