LEBIH NYAMAN, AMAN, & RAMAH LINGKUNGAN DENGAN CAT DUCO ACRYLUX

Rumah - - GALERI -

Tak nyaman! Perasaan ini yang mendera banyak orang saat mengaplikasikan cat duco berbasis tiner ( solvent based). Alasannya, cat ini mengeluarkan bau menyengat. Setelah proses pengecatan selesai, baunya pun sulit dihilangkan hingga berpotensi mengganggu kenyamanan dan kesehatan penghuni. Agar tak terjadi masalah ini, pilih cat duco berbasis air ( water based) yang ramah lingkungan dan tak mengeluarkan bau.

Cat duco ( solid colour) menjadi salah satu solusi yang digunakan banyak orang dalam mempercantik tampilan kayu. Tak hanya kayu baru, cat duco mampu memperbaiki tampilan kayu lama dan membuatnya tampil baru. Yang menarik, cat ini mampu menutupi kekurangan tampilan kayu yang bermasalah, seperti motifnya belang-belang, terdapat cacat, atau warnanya tak merata. Selain itu, pilihan warnanya juga beragam.

Hanya saja, cat duco yang ada di pasaran kebanyakan berpengencer tiner ( solvent

based). Cat jenis ini memiliki kekurangan dapat mengeluarkan bau menyengat karena mengandung VOC ( Volatile

Organic Compound) dan emisi formaldehyde. Selain mengganggu saat proses pengecatan, bau tiner sulit hilang dalam jangka waktu yang cukup lama setelah diaplikasi. Ini yang berbahaya, karena selain membuat tak nyaman, juga berpotensi mengganggu kesehatan penghuninya, seperti gangguan pernafasan, pusing, dan mual.

Melihat permasalahan ini, PT Propan Raya mengeluarkan produk inovasi hebatnya bernama Acrylux, yaitu cat duco berbasis air ( water based) yang ramah lingkungan dan tak berbau. Bahkan, produk ini sudah diakui kualitas dan ramah lingkungannya dengan mendapatkan sertifikat Singapore Green Label.

Walaupun Acrylux berbasis air, cat ini cepat kering dan tak kalah kualitasnya dengan cat berbasis tiner. Karena bertipe Acrylic, cat ini tahan terhadap sinar UV dan lapisan filmnya tidak mudah menguning ( non yellowing). Jadi, tak perlu takut warnanya berubah serta tak perlu ragu untuk diaplikasikan di interior ataupun eksterior. Aplikasinya pun sangat mudah, bisa menggunakan semprot ( spray), kuas, rol ( roll), atau sistem celup, sehingga cocok untuk

finishing furnitur dan pintu Anda. Kelebihan lainnya, walaupun cat Acrylux diutamakan untuk

finishing cat kayu (pintu, kusen, dan furnitur) tetapi dapat diaplikasikan sebagai finishing substrat lainnya, seperti besi, aluminium, concrete, FRP, plastik, kaca, batu alam, wood composite, dan cement composite. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan cat primer sesuai substratnya. Misal, untuk besi gunakan metal

primer water based (AP-860 WB) atau tembok gunakan cat primer penahan alkali (AR-300/AS-310), baru diaplikasikan cat Acrylux.

Bagaimana dengan warnanya? Tak perlu khawatir, saat ini cat Acrylux tersedia dalam 18 warnawarna ready mix dan ribuan warna yang bisa dibuat dengan mesin tinting. Variasi warna-warnanya juga sangat cerah dan tahan lama, serta hasil finishing- nya

glossy atau mengkilap. Produk ini tersedia dalam kemasan 0,9kg, 4kg, dan 20kg.

Dengan segala kelebihannya ini, jangan lupa untuk memilih cat Acrylux untuk kebutuhan pengecatan bangunan Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.