Tetap Lega dengan Layout “L”

Dengan penataan yang tepat, Anda bisa menggunakan desain dapur berbentuk “L” di lahan yang mungil.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI FOTO RICHARD SALAMPESSY

Luas lahan yang terbatas membuat pemiliknya tak bisa bebas berkreasi dengan desain dapur dan ruang makannya. Ujungujungnya, desain dapur dengan

layout “I”-lah yang lagi-lagi menjadi pilihan penghuni. Layout ini dirasa paling “aman” sebab tidak memerlukan tempat yang luas.

Namun, jangan berkecil hati. Dengan kreativitas, Anda tetap bisa mendesain dapur dengan bentuk yang lain. Lihat inspirasi dapur milik pasangan Sonny Toman Martua dan Grace Dearni Sipayung ini. Mereka menggunakan desain bentuk “L” shape pada dapur seluas 3 m x 3,5 m.

Seperti huruf “L”, bentuk dapur ini terdiri dari dua buah baris kabinet yang disusun saling tegak lurus. Orientasi kabinet bentuk L ini akan menyisakan area kosong di depannya. Area yang tercipta ini dapat mendukung kelancaran aktivitas penghuni di dapur. Memasak pun jadi lebih leluasa.

Berada persis di depan dapur, terdapat meja makan yang menjadi ruang santap pasangan ini setiap harinya. Material kayu mahoni dipilih untuk meja dan kursi makan. Untuk menyeimbangkan warna dapur, kaki meja dan kursinya berwarna putih.

Satu hal yang membuat dapur dan ruang makan ini terasa asri adalah letaknya yang menghadap area taman belakang. Embusan angin yang melalui jendela saat dibuka membuat sirkulasi udara di ruang ini menjadi lancar.

LOKASI KEDIAMAN SONNY TOMAN MARTUA – GRACE DEARNI SIPAYUNG, CEMPAKA PUTIH, JAKARTA UTARA INSTAGRAM @CASAJULU

untuk mengisi area yang kosong, penghuni mendesain meja bar di depan kabinet dapur. Agar selaras, desain dan warna meja bar disesuaikan dengan kitchen set. Tak lupa, penghuni meletakkan dua buah kursi di depan meja bar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.