Ringkas dengan Furnitur Lipat

Apartemen ini terlihat ringkas dan semakin lapang dengan kehadiran furnitur lipat. Selain itu, ada beberapa ide unik yang bisa Anda tiru.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS SITI NAHDIATUL FATA MURTAZA FOTO CATUR WIBOWO

Desain apartemen untuk disewakan tentu berbeda dengan desain apartemen untuk dihuni sendiri. Bila disewakan, desainnya harus menarik dan memberi kesan nyaman saat pertama kali dilihat oleh calon penyewa.

Terlebih bila sasaran penyewa adalah mahasiswa atau karyawan kantor yang belum berpasangan. Tak hanya kenyamanan, tetapi kepraktisan dan banyaknya penyimpanan menjadi pertimbangan utama saat mereka akan menyewa apartemen.

Ikalia Puspita, arsitek dari Dacore Design, sukses menata interior apartemen sewa dengan konsep simpel dan banyak ruang penyimpanan di Scientia Residence, Gading Serpong, Tangerang. Untuk mewujudkan konsep desain ini, Ika menghadirkan furnitur lipat dan penyimpanan tertutup di dalamnya.

Menurutnya, furnitur lipat adalah trik jitu mengatasi hunian dengan luas terbatas. “Penghuni butuh furnitur yang desainnya kompak dan praktis. Karena itu saya pilih menggunakan furnitur lipat supaya ruang enggak terasa sempit dan nyaman dihuni,” kata Ika.

Aplikasi furnitur lipat memiliki banyak kelebihan dan cocok untuk hunian mungil, seperti apartemen studio ini. Kelebihan yang paling utama dari furnitur ini adalah menghemat ruang. Pada apartemen garapan Ika, furnitur lipat hadir di tempat tidur dan meja yang berada di samping tempat tidur.

Kata Ika, meja tersebut merupakan meja multifungsi yang didesain kompak dengan tempat tidur. Meja multifungsi ini bisa digunakan sebagai meja makan dan meja belajar. Saat tidak digunakan, meja ini bisa dilipat dan merapat ke dinding.

Desain ringkas di apartemen ini juga muncul pada tempat penyimpanan. Sang arsitek menghadirkan banyak kabinet tertutup yang melekat di dinding. Jika dilihat sepintas, apartemen ini hanya dilengkapi dengan rak pajang yang tersusun rapi. Saat rak digeser, terdapat furnitur lipat berupa tempat tidur dan rak simpan. Di kabinet ini, penghuni dapat menyimpan berbagai perlengkapan kebersihan dan barang lainnya.

Tempat tidur ini dapat dilipat saat tidak dibutuhkan, sehingga menghemat ruang.

Rak terbuka dan tertutup di dinding ini tak hanya memperbanyak ruang penyimpanan, tapi juga menjadi area pajang utama di apartemen.

Jendela di sisi tempat tidur membuat pencahayaan maksimal saat siang hari.

Tak hanya jadi sekat, rak di samping pintu kamar mandi juga berfungsi sebagai tempat pajang.

Arsitek menghadirkan tempat tidur lipat agar apartemen tampak lapang saat dihuni.

Meja untuk makan dan kerja yang menyatu dengan dinding.

Dengan adanya cermin di dinding depan tempat tidur, ruang terlihat lebih luas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.