Meningkat Dengan Cepat, Mudah, Murah

Dengan material ini, meningkat rumah sudah selesai dalam hitungan hari. Cara ini pun menghemat material bekisting dan beton cor.

Rumah - - LAPORAN KHUSUS - TEKS FRANSISCA WUNGU PRASASTI FOTO DOK. RUMAH, DOK. IDEA

Banyak orang memimpikan rumah yang luas. Namun, mahalnya harga lahan membuat impian ini tidak segera dapat diwujudkan. Padahal, kebutuhan memperluas rumah tidak dapat ditunda, misalnya karena anak-anak butuh kamar sendiri atau ruang kerja perlu ditambah karena perkembangan usaha. Jalan keluarnya, rumah diperluas secara vertikal alias ditingkat.

Meningkat pun bukan perkara sepele, karena banyak yang harus Anda dipertimbangkan, terutama menyangkut keamanan dan biaya. Untuk menjamin keselamatan penghuni, saat ingin meningkat rumah, pastikan konstruksi bangunan rumah dicek terlebih dahulu oleh orang yang ahli. Periksa kekuatan fondasi, kolomkolom, serta kepadatan tanah di mana bangunan berdiri.

Hitung juga secara cermat biaya yang dibutuhkan. Jangan sampai pengeluaran membengkak dan proses meningkat rumah tidak rampung. Soal biaya ini tak lepas dari material yang Anda pilih untuk meningkat. Perkembangan teknologi material menyajikan berbagai pilihan cara membuat dak lantai untuk rumah tingkat. Tidak hanya itu, cara-cara alternatif dalam meningkat rumah ini juga mampu menghemat waktu pengerjaan dan menghemat

bahan baku, yang pada ujungnya menghemat biaya pembangunan.

Salah satu material yang patut dilirik adalah dak metal atau metal deck ( METAL FLOOR

decking). Sebagian orang mengenalnya dengan istilah bondek. Material ini bentuknya berupa pelat baja bergelombang. Jika dilihat penampangnya, pelat ini berbentuk menyerupai huruf W. Untuk mencegah karat, permukaan pelat baja gelombang dilapisi dengan galvanis (seng) atau superdyma berupa campuran seng, aluminium, dan magnesium.

Dak metal tersedia dalam ukuran lebar 96 cm dengan ketebalan gelombang 5,1 cm. Ketebalan pelatnya berbedabeda antara 0,6 mm sampai 1 mm. Untuk aplikasi dak metal di rumah,ketebalan yang umum digunakan adalah 0,75 mm. Pada permukaan dek metal terdapat tonjolan-tonjolan ( EMBOSSEMENT) setebal 3 mm. Tonjolan ini berfungsi mencegah pergeseran beton dan mencegah timbulnya retak rambut.

BEBAS BEKISTING

Pada prinsipnya, saat membuat lantai dengan metode dak metal, cor beton dituangkan ke atas permukaan pelat baja ini. Setelah beton mengering, beton akan menyatu dengan dak metal dan dak metal tidak perlu dilepas lagi. Material ini dirancang memiliki 2 fungsi sekaligus, yaitu sebagai bekisting dan tulangan positif satu arah (tulangan baja pada sisi bawah).

Kini mari bandingkan dengan pengecoran beton konvensional. Saat beton hendak dicor, terlebih dahulu harus dipersiapkan cetakan beton (bekisting) dari papan kayu. Sebagai penyangga bekisting, harus didirikan pula perancah berupa tiang-tiang kayu yang tidak sedikit jumlahnya. Ketika beton mengering, papan dan tiang kayu ini harus dilepas.

Jika menggunakan dak metal, kerepotan memasang dan membongkar perancah dan bekisting tidak ada lagi. Waktu pengerjaan pun lebih cepat. Tidak pula diperlukan biaya tambahan untuk membeli papan kayu atau tripleks cetakan beton. Pada pengecoran dengan dak metal, perancah tetap diperlukan, namun hanya setiap bentangan 2 m. Hemat!

SEBAGAI TULANGAN

Selain sebagai bekisting, dak metal juga punya fungsi sebagai tulangan beton. Meskipun saat pengecoran, tetap harus ditambahkan WIREMESH alias anyaman rangka baja berjarak 10 cm x 10 cm sebanyak 2 lapis sebagai tulangan di atas lembaran dak metal.

Fungsi dak metal sebagai tulangan ini menyebabkan ketebalan beton dapat dikurangi tanpa mengurangi kekuatan dak lantai. Saat membuat dak lantai, berkurangnya volume beton ini sangat signifikan menghemat bujet. Apalagi untuk dak lantai yang luas atau pada proyek besar. Jika dengan cara konvensional ketebalan beton minimal 12 cm, dengan dak metal ketebalan beton cukup 10 cm.

Tambahan lagi, permukaan dak metal yang bergelombang semakin mengurangi volume adukan beton yang diperlukan untuk mengecor. Sebagai perkiraan, metode dak metal dapat menghemat penggunaan beton hingga 25% dibandingkan metode konvensional. Ini merupakan penghematan yang sangat berarti.

Selain kepraktisan pasang, dak metal juga menawarkan kecepatan proses pembangunan. Jika umumnya beton butuh waktu 14 hari untuk “matang” dan kemudian harus melepaskan bekisting dan perancah, metode dak metal hanya membutuhkan waktu 7 hari untuk melepas penyangga setelah beton dicor. Sangat efisien waktu, bukan?

Di pasaran, banyak produsen yang menawarkan dak metal. Harga kisarannya Rp 100.000 – Rp 180.000 per meter tergantung ketebalan dak metal. Dak metal menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan jika Anda yang sedang ingin meningkat rumah dalam waktu singkat dan menghemat biaya.

Perlu diingat, karena struktur bangunan menyangkut keamanan, pastikan Anda membeli produk dak metal dari produsen yang terpercaya sehingga kualitas materialnya terjamin. Pastikan juga tukang yang memasang dak metal sudah berpengalaman dengan material ini, sehingga kesalahan pasang dapat dihindari.

FOTO DOK. RUMAH

Meningkat rumah dengan material dak metal menawarkan kepraktisan pasang, penghematan biaya, serta keindahan tampilan ketika material ini diekspos.

Proses pemasangan dak metal untuk meningkat rumah. Lembaran pelat baja ini digelar di atas rangka bangunan untuk kemudian dicor beton.

Lembaran dak metal bukan struktur utama bangunan. Perhitungkan dengan cermat beban dan struktur bangunan keseluruhan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.