RUMAH DI ATAS LAHAN UNIK

Rumah - - KONSULTASI -

Saya memiliki sebidang tanah dengan bentuk sedikit “aneh”, yaitu lebar di bagian depan dan mengecil di bagian belakang (seperti bentuk trapesium). Bagian depan cukup lebar, yaitu 16 m, sedangkan bagian belakangnya hanya selebar 7,5 m. Panjang dari depan ke belakang 20 m.

Di depan lahan saya terdapat jalan selebar 6 m, dan lahan ini menghadap ke arah barat.

Saya ingin meningkat rumah tersebut menjadi 2 lantai. Ruang-ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut. - Ruang tamu - Ruang keluarga - Ruang tidur utama (plus kamar mandi dalam) - 2 ruang tidur anak - 1 kamar mandi anak - Ruang makan - Dapur - Ruang tidur pembantu - Kamar mandi pembantu - Gudang - Garasi - Area servis - Musala (jika memungkinkan) Kami menginginkan agar ruang tidur berada di lantai 2, kecuali ruang tidur pembantu.

Semula saya ingin membuat sendiri denahnya, namun saya bingung mengakali sudut lancip di ujung lahan. Saya mohon bantuan Pak Wijoyo.

TBiasanya pembeli menghindari membeli tanah dengan bentuk yang unik atau tidak umum. Alasannya, sulit membuat pembagian ruang atau denah yang nyaman untuk penghuni. Namun lain halnya bila dilihat dari kacamata arsitek. Lahan-lahan berbentuk unik justru tampak menarik dan menjadi sebuah tantangan. Sekalipun berbentuk trapesium, lahan yang Anda miliki ini cukup luas, sehingga ruang-ruang yang Anda butuhkan bisa terpenuhi. Hanya saja perlu pengolahan lebih baik agar tercipta hunian yang nyaman dan memenuhi syarat kesehatan, yaitu adanya sirkulasi udara dan sinar matahari yang memadai.

Dinding yang miring dapat dimanfaatkan untuk bukaan, sehingga kita bisa menghindari adanya ruangan dengan sudut-sudut runcing atau tidak siku.

Untuk detailnya, silakan lihat keterangan pada denah.

J

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.