MELANGLANG KE LEMBANG

Saji - - Halaman Depan - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Lembang lekat dengan beragam wisata alam yang menyenangkan. Selain udaranya sejuk, lokasinya yang dekat dengan Bandung, membuat kota ini jadi kota paling diminati wisatawan sepanjang akhir minggu. Menu tradisional serbapepes bisa menjadi pilihan sepulang wisata keliling Lembang. Cicipi pula hangatnya bakso tahu, sate, hingga gurihnya soto kalkun.

WARUNG PEPES

CIBURIAL Jl. Raya Tangkuban

Perahu No. 75 Telp. 081324999797

Di kedai milik Ny. Diah ini pembeli rela mengantre demi mencicipi aneka pepes nikmat dan hangat. Pilihannya ada pepes tahu, oncom, ayam, telur ikan, jamur, teri, usus ayam, ikan peda, dan ikan mas. Pepes ikan mas menjadi sajian spesial karena durinya pun lunak karena dikukus selama 10 jam. Kukusan yang digunakan didesain khusus dengan katup yang memudahkan menambah air jika airnya akan habis. Tulang dan durinya sangat rapuh sehingga pepes ini aman disantap anak-anak. Pepes telur

ikan mas pun tak kalah enak, lo. Selain gurih, teksturnya juga lembut dalam balutan bumbu kuning dan harum.

Selain pepes, tersedia juga ragam menu hangat seperti sop iga, buntut, kikil hingga soto bandung. Sebagai penutup, ada cincau organik yang dibuat sendiri menggunakan daun cincau yang pohonnya ditanam di belakang kedai.

Harga aneka pepesnya sangat terjangkau, rata-rata dipatok mulai dari Rp 3 ribu. Lokasi kedainya mengarah ke wisata kawah Tangkuban Perahu tak jauh dari ujung jalan Raya Lembang. Dengan kapasitas 100 kursi, kedai ini siap menjamu Anda mulai pukul 07.00 – 18.00.

SERBA ES KRIM KAFE SECRET SEVEN Jl. Sesko AU No. 32 B Telp. 082129578963 –

087825486051

Di kota Lembang, kedai es krim termasuk banyak diburu. Kota ini memang dikenal sebagai penghasil susu, salah satu bahan utama es krim. Tempat favorit menikmati es krim di sini salah satunya adalah Kafe Secret Seven. Lokasinya terletak di ruas jalan Sesko AU, tak jauh dari Pasar Lembang.

Burger es krim jadi andalan yang paling disukai pelanggannya. Setangkup roti burger ini berisi satu skup es krim vanila dengan lelehan selai stroberi, dan potongan buah stroberi segar. Selain burger, di sini juga ada hotdog ice cream dengan konsep yang sama, namun menggunakan roti lonjong.

Es krim panas juga bisa dinikmati. Pilihannya ada es krim goreng. Satu skup es krim dibungkus dalam setangkup roti yang dirapatkan pinggirnya, lalu dilapisi dengan tepung roti dan digoreng kering. Roti tersaji renyah dengan taburan keju parut dan susu kental manis. Ketika dibelah, es krim vanila di dalamnya langsung meleleh. Tersedia juga es krim goreng rasa durian, lo. Kombinasi panas dan dingin ini sungguh nikmat di lidah. Ragam es krim ini ditawarkan dengan harga Rp 8 ribu – Rp 10 ribuan. Anda bisa berkunjung mulai pukul 09.00 – 21.00 di kafe berkapasitas 80 pengunjung ini. Nah, selamat menikmati akhir pekan di Lembang.

BASO TAHU YAN Jl. Raya Pasar Lembang

Telp. 081322266391

Udara lembang yang dingin membuat kedai Baso Tahu milik Yan Supriatna ini selalu jadi favorit warga Lembang, maupun wisatawan. Meskipun sajiannya sederhana, namun cocok di lidah. Kedai yang sudah belasan tahun berdiri ini menawarkan bakso tahu dengan bumbu kacang. Baso tahu di kedai ini juga tersedia dalam sajian berkuah.

Seporsi bakso tahu ditawarkan dengan 2 versi. Ada yang berisi 5 buah seharga Rp 7.500, dan isi 6 buah yang dipatok Rp 9 ribu. Jika terlalu banyak, ada juga porsi setengah dengan harga Rp 6 ribu saja.

Pilihan isinya berupa bakso tahu kukus, bakso tahu goreng, siomay kukus, dan siomay goreng. Semuanya dibuat dari adonan sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri. Bumbu kacangnya legit, kental, dan gurih bersemu pedas. Sementara baso tahu kuah tersaji dengan kuah kaldu bening yang gurih, taburan bawang goreng dan daun bawang. Jika suka, tersedia juga tambahan berupa bakso daging, dan ceker. Kedai berkapasitas 10 pengunjung ini buka mulai pukul 10.30 – 20.00 setiap hari.

SOTO KALKUN MBAK KARNI Jl. Gereja Karmel,

Lembang Telp. 0817614693

Sampai saat ini, kedai inilah satu-satunya yang menawarkan olahan daging kalkun di Lembang. Pilihan sajiannya tersedia sate dan soto kalkun.

Seporsi soto kalkun ditawarkan dengan harga Rp 15 ribu. Soto berkuah bening kekuningan ini berisi potongan daging kalkun, plus irisan kol dan tomat. Kaldunya terasa gurih dengan sentuhan jahe yang terasa kuat.

Selain soto kalkun, masih ada sajian andalan yang banyak penggemarnya, yaitu sate kalkun. Berbeda dengan daging ayam yang rapuh dan lembut, daging kalkun terasa lebih berserat, padat, dan lebih gurih, apalagi ketika dibumbui dan dibakar menjadi sate. Dengan bumbu manis, sate dibakar hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang. Seporsi sate kalkun berisi 10 tusuk dibanderol Rp 25 ribu. Kalkun yang disajikan berasal dari kalkun yang diternakkan di kawasan Majalaya (Jawa Barat) dan Yogyakarta. Kedai yang setiap hari buka mulai pukul 08.00-21.00 ini bisa menampung 15-20 pelanggan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.