TANPA RAGI

ROTI Banyak orang mengira roti haruslah memakai ragi dan dibuat melalui proses fermentasi. Kenyataannya tidak selalu seperti itu. Beberapa roti di berbagai negeri seperti India, misalnya, punya roti tipis yang dibuat tanpa ragi. Atau muffin, misalnya, sam

Saji - - Saji Unggul -

PENGGANTI RAGI Kehadiran ragi adalah untuk mengembangkan roti. Karena tidak ada ragi, maka dicari pengembang yang lain yaitu baking powder. Tentu tidak semua roti digunakan baking powder. Pada roti yang tipis yang tidak diperlukan tekstur maupun pengembangan, tidak perlu menggunakan baking powder. PENGADUKAN Pengadukan adonan tentu harus sangat diperhatikan. Jangan sampai adonan menjadi mengaret dan bantat. Pengadukan perlahan dan tidak terlalu kuat harus dilakukan di sini. Selain itu juga tidak boleh terlalu lama. CARA MEMATANGKAN Roti-roti yang besar dimatangkan di dalam oven dengan cara yang sama seperti memanggang roti atau cake, tetapi roti pipih atau yang tidak terlalu tebal, dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam pan.

Faktor api, jarak wajan ke api, dan berapa lama harus dimatangkan menjadi hal yang sangat penting. Perhatikan apa yang diminta resep. CARA MENGHIDANGKAN Karena roti dibuat tanpa ragi, sudah pasti tidak selembut roti biasa karena itu roti seperti ini enaknya disuguhkan saat masih panas. Jadi, buat menjelang disajikan.

Namanya roti, tentu saja bisa disajikan bersama bahan makanan lain. Mulai dari mentega, selai, sampai dagingdagingan atau telur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.