POPULERKAN JADAH ISI DARI KEJU HINGGA AYAM BACEM

KEDAI MELCOSH, KALIURANG - YOGYAKARTA

Saji - - Saji Nusantara Aktual - TEKS & FOTO RIZKY NURINDIANI • VISUAL TRIANA TANGJONG

Di Yogyakarta, jadah atau uli biasanya disantap bersama pelengkap sandingan tempe dan tahu bacem plus cabai rawit. Baru-baru ini terobosan jadah baru diciptakan Wahyuning Tri Tunggal (22) dan Aryanto Sudjarwo (57) dengan menampilkan jadah yang lebih kaya rasa. Tampilannya pun dibuat lebih modern dengan toping dan aneka isi seperti pancake. Penasaran?

Sebutan jadah modern bisa disematkan pada sajian uli buatan kedai Melcosh ini. Di kedai ini jadah dijual dengan pilihan aneka isi. Antara lain pisang, cokelat, keju, kacang, maupun kombinasi di antaranya.

Sajian dasarnya adalah jadah yang dipanggang di atas wajan. Bentuknya setengah lingkaran dengan aneka isi yang diselipkan di antaranya. Jadah cokelat misalnya. Isinya merupakan padu padan meises dan cokelat bubuk. Sedangkan jadah kacang, berisi kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan. Rasanya nikmat sekali. Jadah yang lebih modern bisa ditemukan pada pilihan jadah keju. Isinya potongan keju berukuran dadu yang disebar di salah satu sisi jadah, lalu dilipat, dan dibakar. Sementara jadah berisi pisang menggunakan jenis pisang raja.

Jadah baru diisi dengan aneka filling setelah pembeli memesan. Isinya ditaburkan di salah satu sisi adonan berbentuk lingkaran lalu dilipat hingga bentuknya menyerupai pastel. Usai diisi, jadah akan dibakar di atas wajan antilengket hingga muncul semburat kecokelatan dengan tekstur yang lebih kering. Jadah bakar tersaji di atas piring dan diberi parutan kelapa di atasnya. Untuk jadah original dan jadah pisang, siraman gula merah cair (juruh) ikut mewarnai topingnya. Harga jadah pisang, keju, cokelat, dan keju rata-rata dibanderol Rp 7.500.

Selain jadah varian baru ini, di kedai Melcosh juga dapat ditemukan jadah asin yang tak kalah unik. Jadahnya diisi dengan ayam. Ayamnya tak utuh, tapi disuwir-suwir setelah dimasak dan dibumbui dengan metode bacem. Harga jadah ayam Rp 10 ribu per porsi. Kedai Melcosh yang berdiri Juli 2014 ini juga menghidangkan minuman kopi nusantara, teman menikmati jadah. Ke depannya, Wahyu dan Aan berencana meluncurkan jadah dengan varian isi buah-buahan. Kreatif, ya!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.