BERJUALAN SKOTEL MAKARONI

Saji - - Bahan & Alat - TEKS SHANTI • FOTO DOK. SEDAP/SAJI • VISUAL KHARISMA

Skotel pasta seperti ini banyak peminatnya. Jadi memilih jualan ini, sangat tepat. Skotel juga mudah dikembangkan sehingga kita bisa menjual banyak variatif. Mari kita kenal bahan sekaligus pembuatan kudapan ini.

BAHAN:

Skotel makaroni bisa dibuat dari makaroni yang kecil maupun makaroni yang panjang. Untuk skotel ukuran besar, makaroni panjang lebih praktis. Untuk skotel ukuran kecil, bisa dibuat dalam loyang-loyang kecil. Jika membuat keduanya, pilih makaroni kecil supaya bisa dibuat dalam dua ukuran sekaligus.

ISI

Isi makaroni bisa jadi variasi skotel yang kita jual. Inilah bahan isi yang bisa kita gunakan:

• DAGING Daging sapi giling, ayam giling, daging atau ayam olahan bisa jadi pilihan isi. Makin banyak pilihan, makin senang orang membelinya.

• SAYURAN Bayam, wortel, atau mixed vegetables bisa jadi pilihan.

• LAIN-LAIN Keju dan jamur . Macam-macam jamur yang bisa kita dapatkan di pasaran akan memperkaya skotel kita.

ADONAN PEMBENTUK

Adonan pembentuk makaroni, terdiri dari cairan, telur, dan keju. Cairan bisa berupa susu , kaldu, atau krim. Sementara kejunya bisa berupa keju cheddar , parmesan, atau mozarela.

Perbandingan telur dan cairan sangat menentukan. Bukan saja dalam rasa, tetapi soal kelembutan. Perbandingan cairan hendaknya tidak lebih dari 100 ml untuk 1 butir telur.

PEMBUATAN

• Pembuatan skotel makaroni diawali dengan perebusan pasta. Merebus pasta di dalam air mendidih. Waktu merebus yang penting. Makin lama direbus, pasta akan semakin empuk. Karena itu merebusnya di hanya 8 menit sangat penting mengingat setelah direbus , pasta akan dioven kembali. TEKNIK PENGADONAN DILAKUKAN

DENGAN DUA CARA:

• Teknik campur. Cairan dan telur disatukan begitu saja. Dalam hal ini, cairan dan telur harus tercampur rata. Cara ini menghasilkan skotel lebih lembut.

• Teknik roux Dibuat dari tepung yang ditumis lantas ditambahkan cairan sehingga hasil skotel lebih padat.

TOPING

Skotel makaroni umumnya tidak menggunakan toping . Tetapi saat menjual, kita bisa menambahkan toping agar lebih menarik. Toping bisa beruapa adonan keju atau sekadar parutan keju. Bahkan potongan roti tawar yang dioven kering atau tepung roti bisa jadi toping yang lezat.

PEMBENTUKAN

Skotel umumnya dijual di dalam loyang aluminium berukuran besar untuk porsi keluarga. Tetapi saat ini skotel ukuran porsi sekali makan, lebih diminati.

BILA TIDAK LAKU

Skotel yang sisa, bisa dipotong-potong lantas dipanir dan digoreng seperti nugget. Nugget makaroni seperti ini sangat disukai anak-anak. Sehingga bisa dititipkan juga di kantin sekolah.

Nah, mari kita mulai membuka usaha yang mudah, namun dijamin laku ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.