BIKIN USAHA PENYEWAAN ALAT PESTA MODAL KERJASAMA

Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang bisnis yang merupakan bisnis penunjang usaha kuliner yaitu bisnis penyewaan alat pesta. Bisnis penyewaan alat pesta biasanya bergerak menyewakan berbagai alat makan untuk sebuah acara seperti piring makan,

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • VISUAL KHARISMA

Target penyewa dari bisnis ini adalah perorangan atau keluarga yang ingin membuat acara seperti khitanan , akikah, arisan dan sebagainya. Bagi perorangan yang ingin memasak menu sendiri tentu membutuhkan alat makan lebih banyak dari biasanya karena mengundang banyak tamu. Solusinya mereka dapat menyewa beberapa perangkat makan untuk acaranya. Selain perorangan , katering dan restoran juga dapat menjadi pelanggan dimana ada beberapa usaha katering dan restoran yang memiliki keterbatasan alat makan sehingga harus menyewa dari pihak lain.

Jika Anda ingin berbisnis penyewaan alat pesta tentu perlu memperhitungkan kebutuhan modal usaha. Semakin banyak alat-alat pesta yang dimiliki sebuah usaha tentu akan semakin lengkap dan peluang mendapatkan keuntungan semakin besar. Namun tak bisa dipungkiri tentu jika membeli semua alat dengan modal sendiri tentu membutuhkan jumlah rupiah yang cukup besar. Untuk skala kecil bisa puluhan juta namun semakin berkembang bisa membutuhkan modal ratusan juta rupiah.

Bila Anda ingin berbisnis penyewaan alat pesta ini namun mengalami masalah keterbatasan modal jangan khawatir !! Anda tetap bisa buka usaha ini . Modalnya dari mana ? Anda bisa mensiasatinya dengan bekerjasama dengan pihak lain. Siapa pihak yang bisa diajak kerjasama dan bagaimana bentuk kerjasamanya ? Berikut ini saya akan bahas secara lengkap : 1. KERJASAMA DENGAN BENTUK USAHA BERSAMA

Dengan dana terbatas tetap dapat memulai usaha dengan bentuk usaha bersama. Membentuk usaha bersama adalah semacam joint atau menjalankan usaha secara bersama dengan modal patungan. Dalam bentuk usaha ini Anda mengajak teman, saudara, keluarga atau kerabat dekat yang sudah dikenal untuk menjadi partner usaha dengan patungan modal usaha. Jumlah pembagian penyetoran modal adalah sesuai dengan kesepakatan bersama begitu pula pembagian keuntungannya.

Contoh : Perhitungan kebutuhan modal usaha penyewaan Anda 30 juta sedangkan Anda hanya memiliki uang Rp 22,5 juta maka partner Anda hanya menyetorkan Rp 7,5 juta rupiah saja. Pembagian keuntungan setelah dipotong biaya pengeluaran disesuaikan dengan penyetoran modal yaitu Anda 75% dan partner Anda 25% dari keuntungan usaha.

Perlu diingat bila mengajak teman dalam usaha bersama yang merupakan ide usaha Anda pada awalnya, usahakan Anda lebih banyak dalam prosentase penyetoran modalnya sehingga mayoritas usaha merupakan milik Anda.

Kerjasama dengan bentuk ini Anda dan partner secara aktif menjalankan usaha ini bersama-sama.Biasanya dilakukan pembagian kerja dengan porsi masing-masing.

2. KERJASAMA DENGAN BENTUK PENITIPAN MODAL

Salah satu alternatif bila mengalami kekurangan modal usaha adalah kerjasama dengan bentuk penitipan modal. Bila memiliki teman, kerabat atau keluarga yang memiliki dana lebih tetapi tidak punya waktu karena memiliki kesibukan lain Anda dapat mengajak bergabung dalam usaha Anda dengan menitipkan modal saja. Penitipan modal dengan kompensasi pembagian keuntungan yang disepakati bersama.

Contoh : perhitungan kebutuhan modal usaha penyewaan Anda 30 juta dan Anda hanya memiliki dana Rp 15 juta saja, maka Anda membutuhkan kerjasama penitipan modal sebesar Rp 15 juta juga dari partner. Pembagian penyetoran penitipan modal dengan kompensasi pembagian keuntungan Anda 60% dan partner 40%. Mengapa dalam hal ini Anda mendapat bagian lebih besar dibandingkan partner padahal jumlah modal yang disetor sama jumlahnya? Dalam hal ini Anda berhak mendapatkan pembagian keuntungan lebih karena Anda yang lebih banyak mengerjakan operasional usaha sedangkan partner anda pasif sehingga pembagian keuntungan Anda harus lebih besar. Hal ini hanya merupakan pertimbangan saja, pada praktiknya aturan pembagian keuntungan tergantung kesepakatan Anda dan partner.

3. KERJASAMA DENGAN BENTUK PENITIPAN BARANG

Kerjasama dalam bentuk penitipan barang merupakan alternatif yang menarik untuk dapat dicoba. Sebelum memulai usaha sudah tentu Anda mencatat kebutuhan peralatan untuk disewakan. Sebelum menghitung kebutuhan modal Anda dapat menghubungi teman, saudara, kerabat, tetangga atau kenalan dekat untuk menanyakan apakah mereka memiliki peralatan yang dibutuhkan namun tidak digunakan? Biasanya mereka memiliki alat pesta seperti taplak, gelas, piring, sendok garpu, pemanas lauk, kipas angin, karpet dan sebagainya. Ajaklah mereka untuk bekerjasama dengan menitipkan barang milik mereka pada Anda untuk disewakan. Kompensasi yang diberikan adalah pembagian keuntungan dari alat-alat yang disewa.

Contoh : Setiap alat pesta yang disewa partner akan mendapatkan keuntungan sekitar 30-40% dari harga sewa. Mengapa perhitungan keuntungan hanya 30-40 %? Karena selain partner dalam penitipan barang tidak aktif, belum ditambahkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk perawatan alat dan transportasi.

4. KERJASAMA DENGAN BENTUK AGEN

Bila Anda memiliki modal yang sangat terbatas, Anda dapat memulainya dengan menjadi semacam agen penyewaan alat pesta. Anda cukup bermodalkan tempat usaha (dapat di rumah saja) kemudian negosiasikan pada penyewaan alat pesta terdekat untuk dapat menyewakan alatalat pestanya dengan nama usaha Anda ataupun nama usaha mereka. Bila setuju, mintalah beberapa contoh alat usaha dan mintalah harga khusus agen (harga discount) sehingga Anda dapat menjual harga yang sama dengan penyewaan alat pesta tersebut.

5. KERJASAMA DENGAN SEWA HARGA KHUSUS

Jika Anda ingin memiliki usaha alat pesta yang lengkap namun modal terbatas dapat melakukan negosiasi dengan beberapa penyewaan alat pesta terdekat untuk mendapatkan harga sewa dengan discount yang cukup besar. Mungkin Anda hanya memiliki peralatan makan dengan jenis yang standar.Tetapi Anda dapat melengkapi daftar alat yang disewakan dengan berbagai pilihan peralatan makan jenis lain juga peralatan lainnya sehingga menarik bagi calon penyewa karena alat-alat pesta yang akan disewakan lengkap. Usaha penyewaan Anda akan mendapat keuntungan dari discount yang diberikan penyewaan alat pesta yang Anda sewa.

WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.