ADA ISI SOSIS HINGGA CRABSTICK!

AROMA IRAMA, BANDUNG GAYA BARU LUMPIA KEJU KHAS BANDUNG:

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Di Bandung, tren lumpia keju memang tengah naik daun. Lumpia panjang-panjang dan ramping berbentuk seperti pensil ini muncul sebagai kudapan praktis yang disukai semua kalangan. Konon dulunya lahir sebagai varian pisang aroma atau lumpia goreng isi pisang yang terkenal sebagai jajanan kaki lima. Terobosan lumpia keju di kota Kembang baru-baru ini diluncurkan oleh Aroma Irama. Lumpia keju ini menawarkan deretan isi yang kreatif dan berbeda!

Jika selama ini lumpia keju hanya berupa gulungan kulit lumpia berisi keju, maka jika mendatangi gerai Aroma Irama, kita justru akan menemukan lumpia keju yang isinya masih ditambah lagi dengan pilihan-pilihan yang seru. Kategorinya malah dibuat dua macam, yaitu asin dan manis.

Lumpia keju manis mengombinasikan keju parut dengan beberapa pilihan isi lainnya sehingga lebih tebal dan nikmat. Antara lain susu kental manis, butiran cokelat meses, hingga bubuk Milo. Lalu ada juga isian bertekstur renyah berisi lumpia keju dengan kacang, Oreo, hingga cokelat wafer batangan KitKat.

Di kelompok lumpia keju asin, pilihan isinya lebih seru. Di dalam gulungan lumpia yang sudah diisi keju, ada kombinasi yang pilihannya serbagurih. Misalnya lumpia keju daging sapi atau ayam. Kedua jenis isi ini termasuk kelompok yang paling laris. Agar lebih lezat, daging ayam atau sapinya dicincang dan ditumis dulu dengan bumbu rempah rahasia. Baru diselipkan di atas keju parut yang sudah ditata memanjang di salah satu sisi kulit lumpia, digulung, dan terakhir digoreng. Selain tumisan daging sapi dan ayam, lumpia keju ada juga yang divariasikan isinya dengan pilihan lain, yaitu lumpia keju sosis, smoked beef hingga crabstik. Unik ya?

Dalam penyajiannya, lumpia yang manis diberi toping susu kental manis, sedangkan lumpia asin diberi siraman saus pedas. Keju dan aneka isi ini digulung dalam kulit lumpia tipis yang teksturnya renyah setelah digoreng. Panjangnya kira-kira 15 sentimeter. Setiap batang lumpia dihargai Rp 2000-Rp 3500.

Lumpia beku untuk oleh-oleh

Biasanya pembeli memesan per 6 buah dan bisa disajikan langsung atau dibawa sebagai oleh-oleh. Jika hendak menjinjingnya sebagai oleh-oleh, maka bisa memilih lumpia beku. Petunjuk menggorengnya juga mudah. Tinggal masukkan dalam minyak panas dan terendam. Tak lewat dari tiga menit lumpia sudah siap disantap. Dengan tekstur bebas minyak pada permukaannya, lumpia jadi lebih nyaman dinikmati. Tak heran pembeli di seantero Bandung termasuk anak kos dan ibu rumah tangga rajin menyetoknya di rumah, sampaisampai ratusan batang lumpia terjual cepat setiap hari.

Jika membeli lumpia beku, tinggal simpan di dalam freezer setibanya di rumah, lumpia pun mampu bertahan selama satu bulan. Untuk oleh-oleh, Fajar menyediakan paket lumpia seberat satu kilogram berisi 40 buah lumpia.

Kreativitas lumpia keju yang terbilang baru ini makin dikenal berkat mereknya yang tak biasa. Alih-alih mengenang pendahulunya yang dikenal lebih dulu dengan sebutan pisang aroma, Fajar dengan kreatif mengambil nama “aroma” yang diplesetkan sekalian dengan kepanjangan nama penyanyi dangdut ternama Rhoma Irama. Terciptalah Aroma Irama yang menjadi merek produk ini agar lebih mudah diingat.

Nah, jika ke Bandung, mampir, deh, di kedai Aroma Irama. Dijamin ketagihan!

Alamat...

AROMA IRAMA Food Corner RPTT (Rapatata) Jl. Lombok No. 47, Bandung

Telp. 083820732925

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.