MASAK CERIA BERSAMA PELANGGAN CARREFOUR

FUN AND EASY COOKING WITH CARREFOUR Carrefour kembali bekerja sama dengan SAJI menggelar demo dan acara masak bersama di beberapa Carrefour dan Transmart di Jakarta, 19, 20, 21, 27, dan 28 September 2014 lalu. Demo sekaligus acara masak bersama ini berlan

Saji - - Liputan Demo - TEKS SEMY• FOTO DOK. SAJI • VISUAL BENYAMIN W.

Acara demo dan masak bersama pelanggan Carrefour yang bekerja sama dengan Tabloid SAJI ini sudah berlangsung beberapa kali. Tahun 2014 ini berlangsung sejak 19 September, diawali di Transmart Tangerang. Semua acara selalu diawali dengan demo masak. Masakan yang didemokan adalah tiga masakan sehari-hari yang mudah, yaitu Ikan Tenggiri Masak Cencoan, Buncis Siram Daging, Udang dan Tofu Goreng Saus Lada Hitam.

TRANSMART TANGERANG CENTER

Di Transmart tak kurang dari 20 orang berkeliling mengamati Tim SAJI berbagi tips dan mendemokan hidangan yang nikmat. Ikan Tengiri Masak Cencoan, misalnya sempat membuat peserta terkagumkagum. Dari bumbu iris yang ditumis,bersama taoco, Kecap Manis ABC Black Gold, dan Penyedap Rasa SASA, bisa dihasilkan hidangan yang luar biasa nikmat. “Kuncinya ada di peresapan. Dengan membiarkannya di atas api kecil dalam waktu lama, ikan menyerap bumbu dengan sempurna,”kata pendemo.

Tips-tips seperti itu agaknya dibutuhkan banyak peserta sehingga pertanyaan terus mengalir. Tentu saja para pendemo menjawab setiap pertanyaan dengan senang hati. Bahkan sekalipun acara yang seharusnya berlangsung satu jam, terpaksa menjadi lebih panjang lagi.

Acara makin meriah ketika para peserta diminta untuk membeli ayam karena SAJI akan mengajar para peserta yang membeli ayam, untuk membuat Ayam Gulung Daging Asap. Ketika membawa ayam, maka mereka akan mendapat daging asap dan keju serta bahan lainnya.

Untuk membuat ayam gulung yang cantik dan menggiurkan ini ternyata tak sulit, tetapi ada trik yang harus dilakukan. Misal, trik memipihkan ayam tanpa sobek. “Belah ayamnya lalu iris tipis. Memarkan lagi perlahan agar makin tipis. Nah, supaya ayam tidak sobek, lapisi plastik dulu. Memukulnya di atas plastik,” terang pendemo.

Maka para peserta melakukannya dengan tekun lantas membumbui dan menggulungnya. Ayam gulung yang harus digoreng ini tentu tak digoreng di tempat. Mereka bisa menggorengnya di rumah, tetapi cara menggoreng yang benar tentu saja diperlihatkan.

TRANSMART KALIMALANG

Acara serupa berlangsung di Transmart Kalimalang keesokan harinya. Ketika membuat ikan cencoan, peserta tak mau melepas kesempatan mencari tau tentang taoco. Misalnya, bagaimana mencari taoco yang baik. “Coba cari yang warnanya cerah, baunya harum, dan tentu kadaluwarsanya masih jauh,” terang pendemo.

Tentu SAJI juga menjelaskan bagaimana menyimpan taoco. Taoco yang sudah dibuka sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara di dalam lemari es supaya fermentasi tidak berlanjut dan taoco menjadi asam.

Buncis Siram Daging juga dapat perhatian menyeluruh. Bagaimana kalau buncisnya diganti sayuran lain. Atau Dagingnya diganti udang. Tentu semua boleh. Bahkan SAJI mengajak peserta untuk memadu-madankan bahannya sehingga didapat banyak masakan. Misal, menambahkan tahu pada tumisan, atau mengganti jenis jamurnya. Sayurannya pun tentu boleh diganti pokcoy, sawi putih, dan kacang panjang.

Semua peserta asyik mencatat tips yang dibagi SAJI dengan murah hati.

Seperti di Transmart, peserta di sini pun antusias ketika diajak berbelanja ayam. Peserta malah makin bertambah. Mereka tekun memperhatikan, mulai dari proses menyayat ayam sampai menggulungnya. “Nah, begini caranya agar daging asap tidak lepas. Ikat dengan spageti rebus,”

Seorang peserta yang tekun melakukannya, mengungkapkan, cara masak seperti ini akan menyenangkan anak-anaknya. “Saya senang mengajak mereka memasak bersama kalau akhir minggu. Mereka pasti senang membuat hidangan seperti ini. Ada proses menggulung, mengikat.”

Peserta lain tentu saja menjawab,”Kalau membuatnya sudah senang, apalagi makannya, ya, Bu.”

Tentu saja senang, semua masakan yang didemokan maupun yang dimasak bersama memang enak hasilnya. SAJI tersipu malu mendapat acungan jempol dari para peserta.

CARREFOUR CEMPAKA PUTIH

Demo masak dan acara masak bersama di Carrefour Cempaka Putih berlangsung 20 September. Acara lebih meriah lagi karena peserta mencapai 40 orang. Akibatnya SAJI terpaksa membagi acara masak bersama menjadi beberapa kelompok. Toh, para peserta yang kebagian belakangan, tetap menunggu dengan sabar sembari memperhatikan.

Proses membelah dan menipiskan ayam, dilakukan hati–hati oleh peserta. Begitu pula ketika menggulung. Bagaimana kalau kejunya ditambah? Itu adalah salah satu pertanyaan yang dilontarkan seorang peserta karena anaknya sangat suka keju. “Tentu boleh ditambah, Bu. Tetapi jangan kebanyakan juga menambahnya, nanti kejunya bocor dan mengotori minyak.” kata pendemo.

Karena mereka tidak menggoreng ayam di sana, maka peserta dengan saksama memperhatikan proses menggoreng dengan teliti. “Saya kalau goreng ayam, sering mentah, tuh,”kata mereka.

Pengalaman itu tak lagi harus berulang setelah melihat cara kami menggoreng. “Pertama minyak harus banyak sehingga makanan terendam dan api harus kecil dengan begitu ayam bisa matang sampai ke dalam.”

Selain itu, sambung pendemo, memilih minyak goreng yang tepat juga penting agar makanan kita renyah. Itu sebabnya dalam demo ini menggunakan Sania Royale untuk membuat semua makanan yang digoreng.

CARREFOUR BEKASI TIMUR

Para pelanggan Carrefour Bekasi Timur pun tak kentinggalan mendapat kunjungan dari SAJI. Bukan hanya pengetahuan memasak yang kami peragakan lewat demo, tetapi justru segudang tips yang berguna. Para peserta pun aktif bertanya. Mereka tak mau pulang hanya membawa belanjaan, tetapi ingin membawa banyak ilmu.

Ketika membuat udang dan tofu goreng saus lada hitam, misalnya, peserta langsung memberondong banyak pertanyaan seputar tofu dan udang. Seorang peserta, misalnya, merasa kagum karena setelah mencicipi udang buatan SAJI, kok, tidak merasa gatal. “Biasanya selalu gatal, lo.”

Rahasianya ada pada kesegaran udangnya. Kalau segar, pasti tidak membuat kita gatal. Carrefour sudah menyediakan udang yang segar. “Cium saja baunya. Tidak amis, kan.”

Peserta yang lain menanyakan cara menggoreng tofu agar tak keriput. Menggoreng tofu memang ada rahasianya. Minyak harus panas betul supaya tofu langsung menyokelat ketika digoreng. Karena proses penggorengan yang sebentar, maka air di dalam tofu tak sempat menguap.

Di Carrefour ini pun, seperti tempat lainnya, sangat antusias ketika diajak masak bersama. Mereka ingin diizinkan membeli ayam dalam jumlah banyak supaya banyak yang dicoba. Tentu kami ingin mengizinkannya kalau punya waktu lebih banyak. Tetapi karena sudah membuat langsung, mereka tak takut membuat sendiri di rumah.

CARREFOUR BINTARO

Carrefour Bintaro adalah Carrefour yang terakhir dikunjungi dalam periode ini. Sejak pukul 11.00, pengunjung yang sudah diberi tahu bakal ada demo masak dari TABLOID SAJI, sudah berkumpul. Mereka panasaran ingin tahu cara membuat masakan yang benar dan enak.

Cara memilih ikan menjadi topic yang dianggap peserta penting. “Mudah, kok, cari saja ikan yang insangnya masih merah dan kenyal kalau ditekan. Sebetulnya kalau belanja di Carrefour, Anda pasti mendapat bahan segar,”jelas pendemo.

Buncis yang SAJI siram dengan air es setelah direbus, juga jadi perhatian peserta. Mengapa pula harus disiram air dingin. “Nah, ini cara agar buncis tetap segar dan hijau warnanya.”

Cara itu tentu boleh diterapkan pada sayuran yang lain.

Ketika mencicipi udang dan tofu goreng saus lada hitam, para peserta langsung terpesona. Mereka dengan serta merta berjanji akan melengkapi dapur mereka dengan Tepung Bumbu Serbaguna Original SASA yang dipakai untuk adonan pencelup dan pelapis. Tentu saja hidangannya pun makin enak setelah dibalur saus yang dibuat dari Kecap Manis ABC Black Gold dan Penyedap Rasa SASA.

Acara masak bersama juga sangat diminati. Bahkan pesertanya makin banyak. Meski tidak ikut menggoreng, mereka tetap bisa mencicipi hasilnya. Warna keemasan yang dihasilkan dan kerenyahan yang pas, membuat mereka jatuh cinta pada hidangan ini. Kini mereka tahu, memilih minyak yang benar seperti Sania Royale akan membuat hidangan jadi cantik, lezat, dan renyah.

Banyak peserta di berbagai Carrefour yang merasa acara ini sangat bermanfaat dan ingin agar sering diadakan. Tentu saja keinginan tersebut disambut baik pihak Carrefour dan SAJI. Semoga saja kita bisa jumpa lagi di acara serupa dalam waktu dekat.

TRANSMART KALIMALANG

CARREFOUR CEMPAKA PUTIH

TRANSMART KALIMALANG

CARREFOUR BEKASI TIMUR

CARREFOUR CEMPAKA PUTIH

TRANSMART KALIMALANG

CARREFOUR BEKASI TIMUR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.