MENENTUKAN HARGA JUAL?

Saji - - Konsultasi Feng Shui Konsultasi Ukm -

Jawaban:

Dear Ibu Violina,

Bagi usaha kue yang baru mulai, terkadang bingung untuk menentukan harga jual dan bahkan tidak mengetahui jumlah keuntungan yang dapat diperoleh dari setiap kue yang dijualnya. Kebanyakan pengusaha hanya mengikuti pasaran harga kue yang ada di sekitarnya terutama untuk kue sejenis tanpa tahu berapa keuntungan yang diperoleh. Bahkan tidak tahu bila mengalami kerugian. Hal ini jangan sampai terjadi pada usaha Anda.

Perhitungan laba usaha dilakukan setelah menghitung modal pokok. Maka akan diketahui secara jelas berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap buahnya. Menghitung modal pokok, harus selalu dilakukan setiap ada lonjakan harga untuk menghindari kerugian. Perhitungan Modal Pokok merupakan syarat utama dalam menentukan harga jual selain pengambilan keuntungan. Pengambilan keuntungan setiap unit kue jangan dilakukan dengan asal-asalan. Misalnya, dengan mengambil untung sebesar-besarnya. Saat ini konsumen lebih pintar dan kritis dalam mengerti harga, Apabila harga jual kue Anda terlalu tinggi, maka pembeli akan membandingkan dengan penjual kue yang lain dan mungkin akan enggan memesan Anda karena terlalu mahal.

Ada beberapa kemungkinan kue tetap laku walaupun dijual dengan harga mahal. Kue dengan harga lebih mahal dibanding pesaingnya dan tetap laku biasanya karena rasa kue jauh lebih enak, bentuk kue lebih besar, punya kue andalan yang tidak dapat ditiru atau fasilitas yang disediakan memang berbeda. Kue dengan rasa lebih enak, akan membuat orang tetap membeli walaupun harga lebih mahal dan tempatnya jauh, pembeli memaklumi hal ini karena mengira mungkin bahan yang dipakai adalah bahan kue kelas 1.

Bila harga mahal, tetapi kue lebih besar, banyak pembeli merasa wajar karena kue yang lebih besar bahannya lebih banyak sehingga harga jualnya lebih mahal.

Nah, bila memiliki jenis kue yang sulit ditiru Anda dapat memasang harga sesuka hati Anda karena tidak ada yang dapat menyaingi, tapi perlu diingat jangan mematok harga jual terlalu mahal karena akan mengurangi pembeli yang datang karena tidak memiliki uang yang cukup. Akan lebih baik bila menjual dengan harga yang terjangkau sehingga kue Anda akan lebih banyak terjual, otomatis omset penjualannya besar sehinggga keuntungan yang dihasilkan akan besar pula! Hal- hal yang penting dilakukan sebelum menentukan harga jual : • Survei harga pasaran terutama pada kue

sejenis dan usaha kue terdekat. • Perhatikan harga terendah, tertinggi dan harga

pasaran kue pesaing Anda • Bandingkanlah satu sama lain, ambil patokan

harga terendah dan harga pesaing terdekat. • Lihat kembali berapa perhitungan modal pokok Anda, berapa selisih harga dengan harga jual terendah dan harga pesaing terdekat. • Apabila perhitungan modal kue mencukupi usahakan untuk menentukan harga jual lebih murah dari harga terendah, kalau perhitungan tidak mencukupi usahakan untuk memasang harga dibawah harga jual pesaing terdekat. • Bila perhitungan harga tidak masuk dan tidak juga dapat lebih lebih murah dibanding pesaing terdekat, harus mengoreksi kembali apakah Anda mendapatkan harga bahan mentah yang mahal kemudian carilah tempat penjualan bahan baku yang lebih murah. Perhitungkan kembali apakah hasil perhitungan Anda sudah benar. Kalkulasikan kembali perhitungan Anda siapa tahu Anda salah hitung. Bila hitungan Anda tidak salah, cobalah untuk mencari alternatif bahan lainnya. • Usahakan untuk menjual kue dengan harga termurah untuk menjaring pembeli lebih banyak.

Salam.

Wulan Ayodya adalah pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. Latar belakangnya memang wirausaha. Usaha yang digeluti hingga kini adalah lembaga kursus, pompa bensin, dan berpartner dengan beberapa usaha lainnya. UKMKU sendiri telah berhasil mencetak banyak pengusaha baru yang eksis sampai saat ini.

Kirimkan pertanyaan tentang segala hal yang menyangkut usaha kuliner, baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan melalui faks 021 5347967 atau via emai: saji. ukm@gramedia-majalah.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.