COMBRO KRISPI, ISINYA TAK SEKADAR ONCOM

COMMRIS – COMBRO TERORIS, BANDUNG

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Combro adalah kudapan dari singkong yang diisi oncom. Namun di tangan Cep Sumarna (24), isi combronya tak hanya oncom. Ia mengombinasikannya dengan berbagai pilihan isi yang mengejutkan. Selain itu ada sentuhan khusus pada balutannya yang bikin combro jadi krispi setelah digigit. Unik, kreatif, sekaligus sangat menggiurkan!

Tak pernah terbayangkan sebelumnya ada combro yang isinya modern, tak hanya diisi oncom saja, tapi juga ada isi kombinasi oncom dengan beragam bahan lain. Misalnya oncom yang dipadu dengan keju, bakso, jamur, dan ayam. Lalu ada pula isian combro yang mengolah oncom dengan jenis masakan, misalnya capcay dan udang terasi. Tak cukup sampai di sana, kreativitas lainnya pada combro ini terletak pada olahan oncom yang diselipkan dalam adonan singkong parut bersama buah dan sayur, antara lain mangga dan jagung. Sungguh luar biasa bukan?

Oncom yang jadi isian combro semuanya diolah dulu dengan cara ditumis bersama bumbu dan bahan lainnya. Citarasa tumisan oncomnya sendiri sudah pedas. Baru setelah itu dipadukan dengan pilihan isi lainnya yang modern. Ada keju, bakso, dan ayam. Yang ayam adalah yang terlaris. Tetapi kalau kepingin yang unik, pilihlah isi capcay dan udang terasi yang benar-benar tak akan Anda temukan di tempat lain.

Combro krispi dengan tiga toping

Penampilan seluruh combro ini semakin menggiurkan dengan penambahan chili flakes (bubuk cabai), mayones, dan keju parut. Khusus toping dengan bubuk cabai, tingkat kepedasannya pun beragam, ada level petasan, mercon, dan granat yang paling pedas. “Perbedaannya terletak pada penambahan bubuk cabai. Makin banyak, ya,.semakin pedas,” tambah lelaki yang akrab disapa Ivunk ini.

Selain soal toping dan isi, combro ini punya tekstur berbeda dibandingkan combro yang sudah dijual orang. Salah satu ciri khas combro buatan Ivunk ini teksturnya yang sangat renyah karena ditambahkan lapisan tepung roti di bagian lapisan luarnya.

Hebatnya, meski bagian luarnya renyah, namun bagian dalamnya sangat lembut. Combro nikmat ini memang punya satu rahasia kelezatan di bagian kulitnya. Ivunk mengutarakan, kulit combro yang lembut ini hasil penemuannya dengan menambahkan kentang rebus pada adonan singkongnya. “Dengan penambahan kentang, kulit combro lebih solid, tidak mudah pecah, namun tetap lembut saat digigit,” tutupnya.

Seluruh combro berbentuknya bundar pipih ini ditawarkan dengan harga per paket Rp 10 ribu, berisi 6 buah combro. Isinya pun boleh dikombinasikan dengan beragam pilihan isi. Semua pesanan digoreng mendadak agar tersaji panas dan renyah.

Ragam combro ini bisa ber– tahan sampai 2 hari di dalam lemari pendingin, dan bisa seminggu jika disimpan dalam freezer. Ivunk baru satu bulan membuka gerai Combro Teroris ini setelah sebelumnya hanya menjualnya via online dan dipasarkan melalui para agen.

Nah, Anda ingin mencicipi combro modern yang kaya rasa? Coba saja datang ke gerai Commris, si Combro Teroris.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.