MEMBUAT PEPES YANG ENAK

Pepes pasti banyak peminatnya, tetapi tentu yang dicari orang adalah pepes yang enak. Untuk membuat pepes yang enak, tentu ada triknya. Nah, berikut ini kami jabarkan triknya khusus untuk Anda yang berminat berjualan pepes.

Saji - - Bahan & Alat - TEKS SEMI • FOTO DOK. SEDAP • VISUAL BENYAMIN W.

Banyak bahan makanan bisa kita jadikan pepes. Ikan hanya salah satunya. Bahan lain pun enak dipepes, mulai dari jamur, tahu, oncom, ikan asin, dan telur asin. Tentu tak salah juga kalau Anda ingin mencipta pepes yang lain seperti jeroan ayam, misalnya.

Apa pun bahannya, pepes harus enak rasanya. Pepes yang enak adalah yang bumbunya meresap sampai ke dalam. Bumbunya sendiri bisa beragam. Secara garis besar dibagi atas:

• Bumbu iris (biasanya bawang merah, bawang putih, jahe, cabai). Lalu dilengkapi pengharum seperti serai, salam, kemangi.

• Bumbu halus (biasanya bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, terasi). Selebihnya berupa pengharum salam, tomat, daun jeruk.

BUMBU HALUS JUGA BISA DIBUAT TANPA KUNYIT

Bumbu halus bisa langsung dilumuri pada bahan yang dipepes atau ditumis dahulu. Keharumannya akan berbeda. Dua-dua akan enak rasanya.

TEKNIK MEMASAK

Pepes adalah makanan yang dibungkus daun, dikukus, dan atau dipanggang.

Proses pengukusan yang lama sekalipun seringkali dinilai tidak bisa menghasilkan pepes yang enak yang bumbunya meresap sampai ke dalam bahan makanan.

Karena itu sebelum dibungkus daun dan diracik dengan bumbu pepes, biasanya ada langkah yang harus dilakukan. Langkah ini adalah proses peresapan bumbu dan proses mengharumkan. Caranya bisa dua:

• Direbus di dalam banyak bumbu dan rempah pengharum

• Dipindang. Bahan makanan dibungkus daun bersama berbagai rempah lalu dikukus dalam waktu lama. Setelah salah satu cara dilakukan, barulah bahan makanan kembali dilumuri bumbu pepes dan dikukus kembali dalam waktu lama atau langsung dipanggang atau dikukus kemudian dipangang.

MEMODIF PEPES

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menarik pembeli mengantre di gerai pepes Anda, antara lain:

• Mainkan teknik di atas dengan berbagai cara. Misal, setelah dikukus, pepes dipanggang di dalam bambu.

• Mainkan bumbunya. Coba eksperimen dengan menambahkan kencur atau keluak di dalam bumbu.

• Kreasikan pepes baru dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti petai, telur dadar untuk membungkus pepes, atau tambahkan irisan daun mangkukan. Keberanian Anda mencoba berbagai bahan akan membuat pepes Anda semakin kreatif dan membangkitkan penasaran orang banyak. Nah, silakan pilih caranya. Ciptakan sesuatu yang baru, lezat, dan disukai banyak orang. Selamat berjualan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.