BAKSONYA UNIK, SOPNYA PUN BERBEDA

MENJELAJAHI HIDANGAN PERANAKAN DI MAGELANG

Saji - - Pelesir - TEKS & FOTO RIZKIE NURINDIANI • VISUAL TRIANA TANGJONG

Tercatat dua negara Eropa pernah menduduki Magelang, yaitu Inggris dan Belanda. Tak heran pengaruh kuliner kota yang terletak di antara Semarang dan Yogyakarta ini begitu kaya dan berbeda. Semangkuk bakso dengan acar hanya ada di kota ini. Sop kacang merah dengan bayam juga lahir dari akulturasi budaya tempo doeloe yang masih lekat. Tak kalah seru, tahu isi dalam saus pedas, hingga lumpia basah ikut meramaikan pilihan daftar tujuan kuliner Anda. Selamat Mencoba!

Bisa jadi, hanya di Magelang semangkuk bakso benar-benar punya gaya berbeda dalam penyajian maupun isinya. Namanya bakso kerikil. Ukurannya mungil-mungil, bergaris tengah sekitar 1-2 sentimeter saja. Bakso disajikan “ramai” di dalam mangkuk, bersama irisan tahu goreng, tulang rawan, dan tetelan daging sapi. Uniknya, bakso di Magelang disantap dengan toping acar timun. Rasanya gurih dan segar. Semangkuk bakso khas Magelangan ini bisa dinikmati di warung bakso Pak Man, yang terletak di sisi jalan raya kawasan Trunan. Sejak tahun 1969, kedai bakso ini memang popular dan banyak sekali penggemarnya. Biasanya agar lebih nampol di perut, tak jarang pembeli meminta tambahan irisan ketupat di dalam semangkuk bakso, plus mi kuning dan bihun. Pokoknya isinya benarbenar banyak dan penuh. Olahan tahu goreng di dalam kuah bakso memang jadi ciri khas bakso buatan Ngatiman, nama asli Pak Man. Sebelum ditabur di dalam mangkuk, tahu cokelat diisi dengan adonan daging sapi bercampur tepung kanji, lalu digoreng setengah matang. Sebelum disajikan, tahu diiris-iris tipis dan digoreng hingga renyah, baru dimasukkan ke dalam semangkuk bakso, bersama irisan tulang muda, dan tetelan. Satu porsi lengkap bakso Pak Man bisa dinikmati seharga Rp 9 ribu. Warung berkapasitas sekitar 20 orang ini buka dari pukul 10.00 WIB hingga habis, atau sekitar pukul 19.00 WIB.

Lompya atau lumpia, memang lebih terkenal di Semarang. Tapi jangan salah, kota Magelang juga punya jajanan lumpia yang enak dan sangat popular. Namanya Lompya Basah Pak Elok. Lokasi jualannya terletak di pecinan, jalan Pemuda Selatan, dari jauh gerobak lumpia basah ini sudah tampak.

Bersama istrinya, Bu Elok, plus seorang pegawai, setiap hari di atas gerobak ini meluncur ratusan lumpia basah yang diburu pelanggan mereka. Lumpia basah yang dijual di sini menggunakan kulit lumpia yang dibuat sendiri. Isinya adalah irisan tahu putih, rebung, bengkuang, wortel, daun bawang dan tauge yang ditumis.

Ibu Elok tidak menyarankan lumpia ini digoreng karena justru akan menyerap minyak. Rasa tumisannya sedikit manis membuat lumpia basah ini lezat dimakan sebagai camilan. Apalagi rebungnya tak berbau khas rebung dan selalu tersaji panas-panas. Satu buah lumpia diberi harga Rp 4 ribu. Lumpia juga bisa diisi telur, Anda hanya perlu menambah Rp 2 ribu saja.

Meski hanya menggunakan gerobak, tak jarang pelanggan harus mengantri. Dalam satu hari, Bu Elok bisa menjual sekitar 300 lumpia. Setiap hari mereka menggelar dagangannya mulai pukul 5 sore. Tak sampai 4 jam, lumpia pasti ludes terjual. Pastikan Anda ke sini sebelum pukul 9 malam jika tak ingin kehabisan. Atau jika datang pagi hari, sang suami, Pak Elok, berjualan dengan gerobak yang sama mulai pukul 7 sampai pukul 10 pagi di kawasan Pasar Tukangan Magelang. “Jadi gerobaknya dipakai bergantian 2 shift,” ujar Bu Elok ramah.

Salah satu hidangan peninggalan kolonial yang berpengaruh pada hidangan lokal di Magelang adalah sop breneboun alias sop kacang merah. Untuk mencicipi breneboun khas Magelang, kita bisa singgah di Warung Makan Bu Atmo. Di sini ada sajian sop kacang merah yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan sop senerek. Warung yang berdiri sejak tahun 1969 ini memang tak terlalu luas. Kapasitasnya hanya sekitar 40 orang saja. Namun penuhnya bukan main. Jejeran motor dan mobil pembeli selalu memenuhi parkiran jalan Mangkubumi demi sepiring nasisop senerek.

Sop Senerek alias sop kacang merah khas Magelang ini dibuat dari kaldu daging sapi asli. Selain kacang merah, isinya ada wortel dan rebusan bayam. Lalu biasanya pembeli menyantap sop senerek di dalam piring bersama nasi putih yang tidak dipisah. Harganya Rp 5 ribu saja. Sop senerek tak jarang pula disantap dengan aneka lauk tambahan, antara lain ayam goreng, daging sapi, atau jeroan sapi (babat atau iso/usus). Jika disantap dengan lauk tambahan, harganya menjadi Rp 10 ribu.

Selain sop senerek, menu andalan lainnya adalah nasi brongkos seharga Rp 10 ribu. Brongkos berisi kikil dan daging sapi, disajikan bersama nasi dan tumis telur putih dan tempe yang rasanya cukup pedas. Biasanya di warung ini pembeli menutup acara bersantap dengan menyesap segelas dingin minuman beras kencur buatan sendiri. Harga per gelas Rp 4 ribu. Catat jam bukanya, warung ini melayani pembeli mulai pukul 7.30 sampai habis sekitar pukul 3 siang.

Warung milik Giam Tio Kwang ini terkenal dengan hidangan misoa godog yang sangat nikmat. Misoa godog diracik dari misoa yang direbus dan diberi isian wortel, kembang kol, telur, kekian, ayam, bakso ikan, sawi, dan selada. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang panas cocok sebagai santapan sore di kala hawa mulai dingin. Selain pilihan misoa, bisa juga pembeli menggantinya dengan bihun, hanya teksturnya lebih lunak. Semangkuk besar misoa/bihun godog dihargai Rp 15 ribu.

Di sini banyak pula pembeli yang memiliki andalan lain yaitu tahu isi yang disajikan di atas hot plate. Olahannya berupa tahu putih yang diisi dengan daging ayam dan udang yang telah dicincang halus. Setelah diisi, tahu kemudian digoreng. Di depan pemesan, tahu isi yang telah digoreng lantas ditata di atas hot plate dan disiram dengan kuah sambal. Panasnya hot plate yang beradu dengan kuah memunculkan aroma smokey menggugah selera. Dalam satu porsi, tersaji 6 enam tahu isi. Tahu Isi Hot Plate ini enak untuk dimakan sebagai camilan atau dijadikan lauk untuk berdua atau bertiga.

Selain kedua menu tersebut, Warung Mie AA juga menyediakan berbagai menu pilihan lain, seperti nasi godog, dan sate goreng campur. Dengan kapasitas mencapai 70 seat, Warung Mie AA buka sejak pukul 10.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.