INGIN BISNIS PRODUK MAKANAN HALAL

Saji - - Konsultasi Ukm -

Jawaban:

Dear Prily, Sebagai calon pengusaha, Anda sangat mempersiapkan diri dengan berencana jauh-jauh hari, ya. Semoga dengan persiapan yang matang, usaha Anda dapat meraih sukses di kemudian hari. Sebagai wanita muslimah, pasti Anda ingin punya usaha yang tidak menyalahi aturan agama agar usaha mendapat keberkahan.

Untuk mendapatkan keterangan secara lengkap, tentu akan lebih baik jika Anda mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di sana Anda akan diberikan penjelasan yang sangat lengkap tentang produk-produk yang dihalalkan dan yang diharamkan.

Sebagai gambaran singkat, saya akan ambil kutipan dari Buku saya dan Endang Koswara yang berjudul ”101 Solusi Jadi Pengusaha Berkah” terbitan Elex Media Komputindo tahun 2014 ini.Bisnis Produk makanan yang tidak halal dikategorikan menjadi dua, yaitu :

• Haram karena bahan bakunya. Misal, bisnis daging babi, daging anjing, daging monyet, bagian organ tubuh manusia, minuman beralkohol, baik tinggi maupun sedikit kadarnya, dan barang-barang yang memabukkan seperti narkotika dan turunannya, serta bahan-bahan makanan yang oleh karena bahan bakunya sudah termasuk dalam kategori bahan yang haram dan dilarang oleh agama untuk dikonsumsi.

• Haram karena cara pengolahannya, Dalam Surah Al-Baqarah ayat 173, ALLAH SWT berfirman:

“Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (halal) yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah”

Berdasarkan ayat tersebut dijelaskan sesuatu menjadi haram jika cara pengolahannya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Misalnya saja daging ayam, jika cara pengolahannya tidak sesuai dengan syariat Islam, misalnya cara memotongnya yang tidak sesuai dengan syariat Islam, buah anggur yang diolah menjadi minuman yang beralkohol, kue yang menggunakan rhum (berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 86/ Menkes/Per/IV/ 77 tentang minuman keras).

Wulan Ayodya adalah pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. Latar belakangnya memang wirausaha. Usaha yang digeluti hingga kini adalah lembaga kursus, pompa bensin, dan berpartner dengan beberapa usaha lainnya. UKMKU sendiri telah berhasil mencetak banyak pengusaha baru yang eksis sampai saat ini.

Kirimkan pertanyaan tentang segala hal yang menyangkut usaha kuliner, baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan melalui faks 021 5347967 atau via emai: saji. ukm@gramedia-majalah.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.