NASI NUSANTARA SAMPAI NASI KREASI YANG KREATIF

Nasi yang disajikan bersama lauk terpisah memang membuka kesempatan orang untuk memilih lauk. Tetapi kadang nasi yang sudah dibungkus bersama lauknya, justru lebih menarik. Itu sebabnya nasi bungkus seperti itu makin banyak penjualnya. Dari mulai yang mur

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS & FOTO MIFTAKH F., SHANTI K. • VISUAL KHARISMA

Olahan nasi liwet boleh jadi terdengar biasa. Namun ketika menyambangi Waroeng Nasi Ijo, Anda pasti terpesona. Nasi liwet di tempat ini tampil dengan sentuhan kreativitas yang berbeda. Nandi (40) koki rumah makan ini, dengan kreatif membungkus liwetnya di dalam daun pisang berbentuk kerucut pendek. Saat dibuka, terlihat nasi liwet berwarna kehijauan. Aroma yang harum pun langsung menyentuh penciuman Anda.

Sesuai namanya, proses memasak nasi bukan dikukus, tetapi direbus di atas api kecil sampai matang. Bedanya, nasi liwet yang ini menggunakan berbagai bumbu dan sari daun katuk. Sehingga aromanya lebih harum dan warna nasi menjadi kehijauan. Setelah matang, nasi kemudian dibungkus dalam bentuk seperti piramida menggunakan beberapa lapis daun pisang.

Sajian nasi liwet bungkus daun ini makin harum ketika disajikan karena nasi dibakar dahulu menjelang disajikan. Nasi terasa gurih dengan aroma wangi rempah serai dan bawang putih yang mengiringi semburat warna hijau nasi liwet.

Sebagai pelengkap, tersedia ragam menu khas sunda yang mengiringi nasi liwet istimewa ini. Di antaranya ayam bakar/goreng, tahu, tempe, ikan asin renyah, ikan peda, gepuk, hingga cumi asin. Tentu saja lalap dan sambal tak ketinggalan.

Warung ini menawarkan harga nasi liwet dengan lauk pauk mulai Rp 20 ribu hingga Rp 60 ribuan.

NASI DIOLAH DENGAN TAHU

Di Cimahi, Kabupaten Bandung, nasi jarambah buatan Yuliawati (37) diminati banyak orang. Olahan nasinya tak hanya dibungkus daun pisang, tetapi juga di dalam wadah besek berukuran mungil. Sungguh cantik dan kreatif. Nasi jarambah merupakan campuran nasi gurih dan tumisan tahu. Komposisinya agak tidak biasa, tetapi rasanya enak. Tekniknya membuatnya cukup unik. Nasi dimasak hingga 80 persen matang, lalu disisihkan. Sementara itu, ia merebus ragam rempah-rempah bersama santan hingga matang dan harum. Setelah itu, santan dituang ke dalam beras, lalu didiamkan hingga santan dan bumbu terserap.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan campuran nasi yang diberi nama tahu siksa, yaitu tumisan tahu yang dihancurkan. Proses memasaknya sampai kering dan renyah. Tahu yang diolah bersama berbagai rempah ini kemudian dicampur bersama nasi. “Ini dasar nasi jarambah, lalu nanti ditambahkan isinya,” jelas perempuan kreatif ini.

Saat ini, Yuli menyediakan 3 variasi isi nasi jarambah yang bisa diselipkan di bagian tengah nasi. Pilihannya yaitu kombinasi petejambal roti, ayam-telur puyuh, dan isi kriuk-kriuk. Untuk nasi jarambah kriuk-kriuk isinya berupa taburan kremesan gurih. Semua nasi ini dibungkus daun pisang, lalu dikukus selama 30 menit hingga rasanya menyatu dan gurih.

Setelah matang, nasi jarambah dikemas lagi dalam besek bambu dengan tambahan stiker berdesain cantik dan menarik. Ragam nasi ini ditawarkan dengan harga Rp 15 ribu per porsi, dan bisa diantar untuk wilayah Bandung. Dalam sehari, Yuli memproduksi 100 porsi nasi jarambah di tokonya, belum termasuk pesanan.

KONSEP CEPAT SAJI

Menyediakan beragam nasi bungkus tentu akan semakin membuka peluang mengundang pembeli. Kedai Aloha Plus, misalnya, antara lain menyediakan nasi kuning, nasi gurih, nasi udang, nasi ponggol, nasi kucing, bogana, krawu, megono, hingga nasi pecel. Semua nasi berupa nasi bungkus Nusantara.

Terbukti, dengan menyediakan banyak pilihan, Januar (46) mampu menggaet banyak pembeli. Setiap jenis nasi berisi paket yang berbedabeda. Misalnya, nasi bali. Nasi gurihnya ditambah ayam suwir pedas khas bali, tumisan buncis, kering kentang, semur soun, telur pindang, dan sambal.

Beda lagi dengan nasi ponggol. Pada menu ini nasi gurih dipadu lauk serundeng manis, daging suwir pedas, sambal goreng kacang merah, dan telur pindang. Untuk mereka yang senang menyantap ikan bandeng, disediakan nasi kucing asal Yogya. Selain ikan bandeng, di dalam nasi bungkus juga terdapat tahu dan tempe goreng plus lalapan dan sambal.

“Intinya, kami menyajikan nasi khas daerah yang praktis dan cepat saji karena semua sudah dibungkus rapi dalam daun pisang,” jelas Januar.

Nasi bungkus ini ditawarkan sebagai menu sarapan dan menu siap saji. Agar tersaji panas dan fresh, Januar menggunakan microwave untuk memanaskan semua jenis nasi racikannya saat pembeli datang memesan. Cukup dioperasikan 5 menit dalam microwave, nasi pun tersaji panas. “Ya, ini mungkin bisa disebut fast food-nya Indonesia karena layanannya cepat,” kata Januar

Ragam nasi ini ditawarkan dengan harga Rp 11 ribu saja. Karena ditawarkan sebagai hidangan sarapan, maka kedai sudah dibuka setiap hari sejak pukul 06.00 pagi.

NASI KUCING ALA RESTO

Begitu banyaknya peminat nasi bungkus, Gerobak Betawi pun tak mau kalah. Ia menyuguhkan nasi kucing yang dibungkus daun dalam ukuran kecil. Isinya berupa nasi putih yang diracik bersama sejumput sambal dan irisan lauk pauk. “Tetapi dibuat lebih variatif dengan kemasan yang bagus,” terang Erik, pemilik Gerobak Betawi.

Setidaknya ada 5 jenis nasi kucing yang bisa Anda cicipi di sini, yaitu nasi kucing ayam, peda, teri, cumi asin, dan ikan gabus. Setiap jenis nasi kucing punya pelengkap masing-masing dan menawarkan cita rasa yang berbeda-beda. Misalnya nasi kucing teri berisi nasi yang diberi ikan teri goreng nan renyah, sambal hijau, petai, dan daun kemangi, lalu dibungkus daun pisang.

Tren masakan serbapedas, ikut diwujudkan di dalam nasi kuning di gerai ini. Nasi kucing cumi, contohnya. Isinya, cumi yang dimasak pedas dengan tambahan sambal cabai rawit merah, plus petai, dan kemangi. Sementara nasi kucing ayam dan ikan peda memiliki komposisi yang sama, yaitu ditemani sambal matah khas bali, petai, dan daun kemangi.

Yang terakhir adalah nasi kucing gabus yang mengombinasikan nasi dengan tambahan ikan asin gabus, tumisan pare, petai, daun kemangi, plus sambal terasi pedas. Hm... semuanya nikmat dan disajikan dalam porsi 2-3 suap saja.

Semua pilihan nasi kucing di tempat ini rasanya pedas. Agar cantik tampilannya, di antara nasi dan sejumput lauk pauk maupun sambal dilapisi selembar daun pisang jadi tak menyentuh langsung nasi bertekstur pulen ini. Rata-rata nasi kucing ala Gerobak Betawi dibanderol dengan harga Rp 5.500 per bungkus. Di setiap bungkus terdapat stiker nasi kucing, lengkap dengan jenisnya. Anda bisa mencicipi di gerai Gerobak Betawi mulai pukul 10.00 – 24.00.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.