OLAH ONCOM DALAM KUDAPAN KREATIF Alamat...

REPUBLIK ONCOM, BANDUNG

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Adalah seorang Samsul (34) yang berhasil meroketkan bahan baku khas Jawa Barat ini menjadi deretan hidangan nikmat yang belum pernah ada sebelumnya. Sebut saja batagor oncom. Sajian ini menawarkan olahan oncom yang diselipkan di dalam tahu lalu digoreng. Ia juga melengkapinya dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Olahan oncom yang lebih modern bisa ditemui pada sajian nugget oncom. Penampilannya benar-benar seperti nugget ayam bertabur tepung panir. Namun ketika digigit, rasa oncomlah yang dominan.

Tak heran jika Samsul menamai usahanya ini dengan sebutan Republik Oncom. Olahannya memang tak main-main banyaknya. Ia juga mempopulerkan combro yang identik dengan isian oncom dengan cara berbeda. Ada combro keju, yaitu combro yang isinya memadukan oncom dan keju. Ada juga combro bakar, yaitu combro dengan isian oncom bakar yang hingga beraroma wangi. Yang paling klasik, ada combro pedas, yang memadukan combro dengan isian oncom plus cabai yang dominan. Ada juga comet atau combro lemet, yaitu combro yang dibuat dengan ukuran mungil.

Olahan oncom renyah

Selain combro isi, Samsul juga membuat comring, alias combro garing. “Jadi adonannya sama dengan combro isi yang berbahan dasar singkong yang dihaluskan, tetapi dibuat tipis-tipis sehingga bisa digoreng garing seperti keripik,” ujarnya.

Comring dibuat dalam berbagai varian rasa menggunakan tambahan bumbu tabur. Ada comring original, barbekyu, dan pedas. Selain comring, ada olahan oncom lainnya yang tak kalah kreatif. Yaitu sumpia oncom, dan rempeyek oncom. Sumpia adalah lumpia kering berukuran mini yang biasanya berisi udang kering atau ebi. Oleh Samsul, ebinya diganti dengan oncom.Sedangkan rempeyek biasanya bertabur kacang tanah, atau kacang hijau. Kali ini, kehadirannya digantikan dengan oncom yang sebenarnya juga berbahan kacang tanah yang difermentasi sehingga aroma dan rasanya khas sekali.

Masih dalam kategori makanan renyah, Samsul juga membuat abon berbahan oncom. Teksturnya renyah dan ringan, cocok sebagai teman makan nasi, atau taburan di atas mi. Masa konsumsinya pun bertahan hingga 3 bulan, abon oncom ini tersedia dalam rasa original dan rasa pedas.

Seluruh produk oncom diluncurkan pada bulan Juni 2014 lalu. Rata-rata harganya dipatok mulai Rp 2500 sampai Rp 13 ribu-an. Misi Samsul mengangkat produk kreatif berbasis olahan oncom bisa menjadi oleh-oleh khas dari Bandung memang patut

REPUBLIK ONCOM Jl. Cemara No. 23, Bandung

Telp. (022) 92492607 www.republikoncom.com

Oncom adalah salah satu jenis bahan makanan hasil fermentasi dari kacang yang banyak ditemui di kawasan Jawa Barat. Olahan oncom paling popular adalah combro. Di sebuah tempat bernama Republik Oncom, deretan combro diolah secara kreatif dalam beberapa varian. Selain combro original, ada juga combro isi keju, combro kering, combro panggang, batagor oncom, hingga hingga nugget oncom. diacungi jempol. Nah, jika Anda tertarik mencicipi ragam olahan oncom silakan datang saja ke Republik Oncom.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.