STRATEGI PENJUALAN USAHA JAJANAN GEROBAKAN

Anda ingin buka usaha jajanan gerobakan seperti mie yam, bakso, siomay, bubur ayam dan sebagainya? Jika Anda memutuskan ingin membuka usaha jajanan gerobak bagaimana langkah selanjutnya untuk melakukan penjualannya? Untuk jenis usaha gerobakan perlu strat

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • ILLUSTRASI ISTIMEWA • VISUAL KHARISMA WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Apa saja yang perlu diamati dari usaha sejenis ? untuk contohnya jajanan gerobak mi ayam mangkal tentunya Anda harus mengetahui lokasi mangkal, fasilitas air bersih, ijin, dan sebagainya. Tak hanya itu Anda juga harus mengetahui gerobak bisa dititipkan di tempat atau harus bolak balik selain itu apakah peralatan dan perlengkapan usaha lainnya dapat dititipkan juga?

Jika Anda sudah mengetahui dengan jelas tentang hal-hal diatas berikutnya sudah dapat mengatur alur operasional sesuai dengan ketentuan, tinggal persiapan-persiapan kelengkapan penjualan tentunya alat dan bahan. Disamping itu Anda perlu menghitung waktu untuk belanja, waktu buka penjualan dan waktu penutupan. Hal ini dimaksudkan untuk perhitungan keawetan bahan baku serta mengetahui jam ramai pembeli jajan. Semuanya harus Anda perhatikan karena menyangkut dengan strategi penjualan usaha. Misalnya Anda akan berjualan mie ayam mangkal kemungkinan pembeli jajan pada waktu pagi sampai sore hari, bila anda berjualan di malam hari kemungkinannya akan lebih sedikit pembeli terjaring.

Strategi penjualan antara jenis usaha gerobakan yang satu dengan usaha gerobakan lainnya akan berbeda karena beberapa perbedaan seperti jenis makanan yang hendak dijual akan mempengaruhi waktu makan, peralatan, cara menyajikan, cara penjualan yang tepat dan sebagainya. Mengenai strategi penjualan ini akan dibahas beberapa hal sebagai berikut :

STRATEGI TEMPAT PENJUALAN

Dalam menjual Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk usaha jajanan gerobak. Bila Anda memilih tempat usaha untuk jajanan gerobak yang mangkal pilihlah tempat yang ramai, strategis dan belum terlalu banyak pesaing.

Bila Anda memilih tempat mangkal usaha di rumah atau diperumahan Anda juga harus menghitung berapa kepala keluarga yang tinggal di daerah tempat usaha Anda dan perkirakan berapa prosentase yang dapat terjaring untuk membeli jajanan Anda. Begitu pula bila Anda buka usaha di tempat yang ramai seperti di pinggir jalan raya atau dekat tempat keramaian seperti pasar dan perkantoran. Anda harus menghitung berapa banyak orang atau kendaraan yang lewat pada jam makan terutama yang memungkinkan untuk makan jajanan anda. Setelah itu perhitungkan prosentase berapa banyak kemungkinan yang akan terjaring sehingga saat awal usaha Anda sudah dapat memperkirakan kemungkinan pembeli jajanan gerobak Anda.

Untuk usaha jajanan yang menggunakan teknik penjualan keliling, Anda perlu memperhatikan dan menentukan rute jalan yang kira-kira berpotensi banyak pembelinya terutama di rute jalan yang dekat tempat keramaian.

STRATEGI PRODUK YANG DIJUAL

Sebelum menjual anda harus melakukan uji coba produk makanan. Apakah enak dan disukai oleh target pembeli Anda? Coba melakukan uji coba dan bagikan pada calon pembeli produk Anda dan tanyakan bagaimana pendapat mereka? Pendapat mayoritas merupakan cerminan dari produk Anda.

Ketika menyanyakan pendapat dengan calon pelanggan Anda jangan merasa tersinggung bila prodak Anda dikatakan kurang enak atau tidak disukai apalagi bila pendapat itu juga dikatakan oleh banyak orang. Anda harus mengkoreksi dan memperbaiki produk Anda menjadi produk yang enak dan disukai.

Biasanya produk yang enak, disukai,dan sealu konsisten akan menambah keunggulan dalam penjualan karena dalam usaha jajanan gerobak yang laris dibeli adalah produk yang enak. Perlu diingat produk yang enak menurut pasar lebih baik dibanding enak menurut Anda. Anda tidak boleh egois dalam hal ini karena pasar yang menentukan penjualan produk Anda. Produk yang enak akan lebih disukai bila servis penjualannya juga baik dan kebersihannya terjaga.

STRATEGI HARGA JUAL

Harga jual merupakan hal penting dalam penjualan. Belakangan ini konsumen lebih cerdas, mereka sudah mengetahui harga pasaran produk termasuk jajanan. Bila jajanan yang Anda jual memasang harga yang tinggi, tentunya beberapa calon pembeli akan berpikir dua kali untuk membeli produk Anda karena kemahalan.

Untuk beberapa kalangan jajanan dengan tempat yang strategis dan rasa yang enak akan tetap dibeli walaupun dengan harga yang tinggi. Tetapi tidak semua konsumen berpikiran sama, justru kebanyakan konsumen lebih suka harga yang terjangkau atau murah. Bila tempat strategis, rasa produk enak dan harganya terjangkau tentunya akan lebih menarik minat calon pembeli.

Jika ingin mengetahui apakah harga jual yang Anda tentukan dapat bersaing atau tidak, Anda harus melakukan riset untuk mengetahui harga pasaran. Kemungkinannya bila Anda dapat memang harga lebih murah dari harga pasaran akan menarik minat pembeli untuk mencoba produk Anda. Umumnya konsumen pencinta jajanan gerobak menyukai produk makanan enak, banyak, besar-besar namun terjangkau harganya.

STRATEGI PROMOSI USAHA

Promosi yang paling efektif untuk usaha Jajanan Gerobakan : 1. PROMOSI DARI MULUT KE MULUT (WORD OF MOUTH)

Promosi dari mulut ke mulut memang murah, tapi biasanya efektif! Terutama apabila promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh orang yang pernah mencoba makanan yang Anda jual. Untuk itu masak produk makanan Anda seenak mungkin, perlengkapan dengan kebersihan yang terjaga juga harga yang bersaing sehingga memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Pelanggan jajanan yang puas tidak segansegan untuk merekomendasikan pada kenalan, tetangga, saudara, dan orang-orang sekitarnya.

Anda bayangkan apabila seorang pelanggan mempromosikan jajanan pada 5 orang yang dikenalnya, mungkin akan tersangkut 2-3 orang untuk mencoba jajanan Anda dan 2-3 orang akan mempromosikannya kembali pada orang-orang yang dikenalnya dan seterusnya, maka usaha jajanan Anda akan semakin dikenal banyak orang dari waktu ke waktu. Untuk itu berilah kepuasan pada pelanggan dan buatlah ‘keunggulan’ dalam segala hal sehingga usaha Anda dapat menjadi pembicaraan orang banyak karena itulah kunci keberhasilan dari promosi dari mulut ke mulut ( Word of Mouth). 2. PEMBAGIAN SELEBARAN ATAU BROSUR

Di awal usaha dimana usaha jajanan gerobak yang baru mulai buka, belum banyak orang yang mengetahuinya. Cara yang terbaik adalah dengan membagikan selebaran yang berisi promosi produk dan tempat jajanan Anda yang baru dibuka. Pembagian brosur dapat dilakukan di sekitar lokasi tempat usaha, rumah-rumah di sekitar, perkantoran, gedunggedung pertemuan, dan aula mesjid. Dapat pula dituliskan bersama penawaran menarik usaha jajanan Anda. Mungkin menu, harga, paket hemat, atau bonus. Buatlah selebaran yang menarik untuk membuat orang tertarik datang ke tempat jajanan Anda. 3. PENAWARAN PAKET HEMAT

Paket hemat diminati banyak kalangan, mungkin karena keadaan ekonomi yang sedang galau (habis kenaikan BBM) hehehe... Banyak orang cenderung mencari jajanan dengan makanan yang enak dan murah agar dapat menghemat. Anda sebagai pemilik usaha jajanan sebaiknya jeli menangkap peluang ini. Anda dapat merancang menu khusus yang dibuat paket dengan harga yang murah. Walaupun dengan membuat paket akan menurunkan laba, tapi apabila banyak yang pesan tentunya memberikan jumlah laba yang besar pula. Hitung-hitung Anda berpromosi untuk mendatangkan banyak orang dengan membuat paket sekaligus nama usaha jajanan akan lebih dikenal orang terutama bila paket yang Anda berikan benarbenar murah, enak, ditambah bonus yang menarik! 4. PEMBERIAN POTONGAN HARGA/ DISKON

Persaingan harga dalam usaha jajanan merupakan hal yang sering ditemui, Anda boleh-boleh saja memberikan harga yang murah, tapi jangan lupa harus memperhitungkan untung ruginya. Untuk promosi awal akan lebih menarik dan mendatangkan pembeli bila Anda memberikan potongan harga. Bila sudah menghitung modal pokok setiap porsi, tentu Anda sudah tahu berapa modal yang dikeluarkan dan Anda juga sudah memperhitungkan keuntungan ketika sudah dipotong harganya. Asal sudah mendapat untung, walau tipis, lakukan hal ini sebagai salah satu langkah promosi. 5. MEMBERIKAN SAMPLE MAKANAN

Memberikan sample atau contoh makanan dapat diberikan pada calon pembeli yang menjadi target konsumen Anda. Setelah memberikan sample, tanyakan pendapatnya sehingga Anda dapat melakukan koreksi dan memperbaikinya.

Promosi dengan cara ini sekaligus membuat calon pembeli tahu rasa jajanan Anda bila ternyata produk jajanan Anda enak tentunya mereka akan datang ke tempat usaha jajanan Anda.

TIPS SUKSES BERPROMOSI

Bagaimana dapat sukses dalam melakukan promosi? Di bawah ini terdapat Tips menarik yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam berpromosi : 1. Lakukan yang terbaik dalam segala sesuatunya pada usaha jajanan gerobak Anda seperti makanan dengan rasa yang sangat enak, pelayanan yang memuaskan, kebersihan yang terjaga, harga yang murah, dan semuanya merupakan kualitas yang terbaik yang Anda dapat lakukan. 2. Jangan sesekali membohongi pelanggan dalam hal apa pun, baik harga diskon, perhitungan pembayaran, pengurangan kualitas dan porsi makanan, dan hal lainnya yang membuat pelanggan kapok sehingga mereka akan mempromosikan usaha jajanan Anda dengan promosi negatif. 3. Promosikan usaha dengan teknik yang tepat disesuaikan dengan kapasitas usaha jajanan gerobak Anda. 4. Buatlah selebaran, brosur untuk usaha jajanan gerobak Anda semenarik mungkin sehingga membuat orang tertarik, usahakan membuat sesuatu yang berbeda sehingga akan lebih menarik. 5. Terus mengamati teknik promosi usaha lain yang dapat menjadi patokan kemudian dipoles dan disesuaikan dengan promosi usaha jajanan gerobak Anda Semoga dapat mengoptimalkan penjualan usaha gerobakan Anda!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.