TIPS & TRIK BERJUALAN GORENGAN

Berjualan gorengan sudah pasti mendatangkan keuntungan. Namun syaratnya jelas. Gorengan harus enak dan kreatif. Karena gorengan sangat disukai banyak orang, pasti tiap orang sudah punya pelanggan sendiri-sendiri. Nah, mari kita lihat trik dan tipsnya agar

Saji - - Bahan & Alat - TEKS SEMI • FOTO DOK. SEDAP • VISUAL KHARISMA

Promosi boleh gencar, harga boleh dibanting serendah-rendahnya, namun rasa tak bisa bohong. Kalau rasanya tidak enak, pembeli emoh datang. Apalagi mengantre. Semua faktor dalam berbisnis, harus tetap dilengkapi sekalipun yang dijual hanyalah gorengan. Faktor tersebut adalah rasa, harga, promosi, tempat, dan kreativitas. Mari kita lihat apa saja yang harus kita lakukan.

MEMILIH BAHAN:

Ada penjual gorengan yang menjual pisang goreng sederhana saja sudah laku. Coba cicipi pisang goreng yang dijualnya. Pasti pisangnya pisang yang tua pohon dan manis. Bisa jadi juga jenis pisangnya beragam sehingga pembeli bisa memilih sebab ada orang senang makan pisang tanduk goreng, pisang uli, atau pisang kapok goreng.

Artinya, kualitas bahan tetap nomor satu. Terutama kalau kita meraih pasar menengah ke atas. Bahannya boleh bahan yang relatif murah seperti ubi, singkong, atau tape, tapi margin yang didapat bisa sangat besar kalau menggunakan bahan berkualitas.

KELUAR DARI KEBIASAAN

Pisang goreng adalah pisang yang dicelup tepung lantas digoreng. Sebagai penjual baru, pisang goreng seperti ini pasti kurang bisa mendatangkan pembeli. Coba mainkan kreativitas Anda. Misal, dengan menambahkan toping. Kalau sudah ada penjual menjual pisang goreng bertoping seperti keju atau cokelat, Anda bisa menggunakan toping berbeda. Mayones yang sudah dicampur keju, misalnya. Tampak aneh mungkin, tetapi keanehan justru sering mendatangkan pembeli,.

Anda mungkin tahu penjual pisang goreng kremes yang menjual pisang dibungkus kremesan tepung. Kremesan yang “dipinjam” dari ayam kremes ini mengundang banyak pembeli, kan?

Nah, pikirikan pengembangan produk yang Anda akan jual.

MINYAK YANG sehat dan BERSIH

Salah satu ketakutan orang memakan gorengan, adalah minyaknya. Banyak orang gemar gorengan, tetapi pingin gorengan yang dibuat dari minyak yang sehat. Jadi, tak ada salahnya menyebutkan bahwa gorengan yang Anda buat adalah minyak tak jenuh ganda, misalnya.

Ganti juga minyak yang sudah menyokelat supaya orang tidak takut membeli gorengan. Sebab minyak yang tak jenuh pun kalau dipakai berulang kali, akan jadi jenuh.

JANGAN BERMINYAK

Kendala utama penjual gorengan adalah bagaimana mengatasi minyak yang menempel pada gorengan. Karena itu gorengan yang kita buat tak boleh tampak berminyak. Tiriskan gorengan di atas peniris dalam posisi berdiri. Jangan taruh di atas kertas sebelum minyak turun semua. Kertas hanya berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak.

GORENGAN HARUS PANAS

Gorengan yang dingin pastinya tidak enak. Kalau sudah laris-manis, Anda bisa menggoreng makanan terus-menerus. Tetapi sebelum laris, menggoreng hanya dilakukan di jam-jam laris.

Nah, selamat berjualan gorengan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.